Brilio.net - Sepintas, mungkin terlihat tidak ada yang begitu istimewa dari jantung pisang. Padahal bagian dari pohon pisang ini bisa dibuat sayuran yang lezat nan nikmat. Tidak hanya itu, jantung pisang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Wah kira-kira apa saja ya manfaat dari jantung pisang? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (22/1), 15 manfaat tak terduga dari jantung pisang.

1. Kaya serat

sumber serat © 2015 brilio.net

Loading...

Jantung pisang memiliki beragam kandungan, seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin dan vitamin B1. Oleh karena itu, jantung pisang dipercaya memiliki serat pangan yang tinggi yang baik untuk tubuh.

2. Mengatasi diare

4. Diare © 2015 brilio.net

Jantung pisang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare. Caranya memanfaatkannya cukup mudah, cuci bersih jantung pisang kemudian bakar pada arang hingga matang dalamnya. Kemudian ambil bagian dalam dan buang bagian luar dan jadikan sebagai lalapan atau campuran dari sayur urap.

3. Teman yang cocok untuk diet

kegiatan sepele diet © 2015 brilio.net

Mempunyai berat badan yang ideal nampaknya telah menjadi impian hampir setiap orang. Bagi kamu yang sedang dalam program diet, nampaknya jantung pisang adalah "teman" yang cocok buat asupanmu. Karena kandungan serat yang tinggi tadi, jantung pisang bisa membuat perut tetap kenyang lebih lama. Selain itu kandungan lemaknya sedikit, sekitar 0,3 gram/25 gram.

4. Meningkatkan produktivitas ASI

ibu menyusui istimewa

Jantung pisang juga merupakan sumber makanan yang baik bagi seorang ibu yang sedang menyusui. Kandungan gizi yang ada dalam jantung pisang dapat membantu mengaktifkan sel-sel yang bertugas untuk menghasilkan ASI. Bukan hanya itu, konsumsi jantung pisang pasca melahirkan juga akan memperlancar produksi ASI.

5. Mencegah dan mengobati diabetes

candu gula  © 2015 brilio.net

Indeks glikemik yang rendah pada jantung pisang baik bagi penderita diabetes. Selain itu, jantung pisang juga dapat mengikat kolesterol dan lemak jahat yang nanti akan di keluarkan bersama kotoran, sehingga bermanfaat juga bagi sistem pencernaan.

BACA JUGA: Stttt, ini 9 manfaat buah duku yang perlu kamu tahu

6. Mencegah kanker

Ilustrasi kanker © 2015 brilio.net

Dalam tubuh manusia, terdapat sel-sel kanker yang belum aktif dan kapan saja bisa berkembang. Tentu saja aktifnya sel kanker ini sangatlah berbahaya. Kandungan flavonoid dan zat methanol yang terdapat dalam jantung pisang dapat mengurangi efek radikal bebas sehingga risiko aktifnya sel kanker dapat dicegah.

7. Mengatasi anemia

7. Anemia © 2015 brilio.net

Dari beberapa kandungan yang ada, jantung pisang ternyata juga dipercaya dapat mengatasi anemia. Kandungan Zat besi dalam jantung pisang sangat bagus untuk membantu produksi sel darah merah sehingga anemia bisa teratasi dengan baik.

8. Mencegah stroke

Kursi roda temuan mahasiswa ini bisa sembuhkan stroke © 2015 brilio.net

Jantung pisang juga dipercaya dapat mencegah penyakit stroke. Cara memanfaatkannya cukup mudah, yaitu satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.

9. Mengobati malaria

Ilustrasi sakit © 2015 brilio.net

Penyakit malaria merupakan penyakit yang disebabkan virus yang berasal dari nyamuk. Lalu bagaimana cara memanfaatkan jantung pisang sebagai obat malaria? Caranya dengan mengupas bagian luar jantung pisang dari pisang ambon.

Lalu timbun dalam bara api kurang lebih 30 menit, kemudian haluskan dan peras. Beri sedikit asam pada air perasan tersebut, minum pagi hari sebelum sarapan. Lakukan pengobatan ini sehari satu kali untuk mengobati malaria.

10. Memperbaiki mood

Ilustrasi bahagia © 2015 brilio.net

Satu lagi manfaat dari jantung pisang adalah dipercaya dapat memperbaiki mood. Kandungan magnesium yang ada pada jantung pisang dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati.