Brilio.net - Mulai sekarang nampaknya kamu harus berpikir ulang ketika ingin membuang kantong teh bekas.Ternyata, kantong teh bekas yang punya manfaat lain yang nggak kamu ketahui. Nggak hanya untuk menghilangkan 'mata panda', tetapi juga ada manfaat lain. Mulai dari urusan dapur sampai kecantikan.

Berikut brilio.net lansir dari dailymail.co.uk, Selasa (23/2), 15 manfaat tersembunyi dari kantong teh bekas, brilio!

1. Melindungi peralatan masak dari karat

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: awesomeideaz.com

Menjaga peralatan masak dari karat dan kerak memang gampang-gampang susah. Namun dengan menyeka kantong teh bekas pada peralatan masak setelah penggunaan akan membantu melindungi dari serangan karat. Tanin dalam teh akan melapisi panci dengan lapisan pelindung yang mencegah oksidasi, yang menyebabkan karat.

Loading...

2. Membuat lemari es kembali segar

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: dailymail.co.uk

Selain baking soda, menempatkan beberapa kantong teh bekas di lemari es akan membantu lemari es lebih segar. Kantong teh akan menyerap setiap bau yang tidak diinginkan yang tertinggal di lemari es.

3. Menambah rasa pada beras dan pasta

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: tablespoon.com

Jika ingin merasakan nasi dengan rasa yang berbeda, kamu bisa menggunakan kantong teh. Caranya mudah, cukup gantung kantong teh dalam panci ketika memasak nasi. Kamu bisa mencoba dengan menggunakan teh berbagai rasa, seperti melati, teh vanila, atau rasa teh lainnya. Tertarik mencoba?

4. Membantu membersihkan lemak membandel pada cucian

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekas

foto: dailymail.co.uk

Cukup dengan mencemplungkan dua atau tiga kantong teh bekas ke dalam rendaman cucian piring. Kemudian biarkan rendaman selama lima menit. Kandungan teh akan membantu memecah lemak dan noda makanan. Membuatmu lebih mudah dalam membersihkan piring kotor.

5. Membersihkan cermin

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: homesogood.com

Ingin cermin terlihat kinclong? Cukup rendam beberapa teh bekas dalam ember kecil berisi air selama beberapa menit. Kemudian rendam kain ke dalamnya. Lalu, pakailah kain itu sebagai lap cermin kamu. Hal ini terbukti bekerja karena asam tanat atau tanin dari teh dapat mengatasi kotoran dan lemak sehingga cermin kembali berkilau.

6. Membersihkan perabotan rumah dan lantai

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: mostepicstuff.com

Selain cermin, teh bekas juga ampuh untuk membersihkan perabotan rumah terutama yang terbuat dari kayu. Cara penggunaannya sama dengan membersihkan cermin seperti poin nomor lima diatas. Kandungan alami teh secara lembut akan membersihkan permukaan berpori seperti kayu.

7. Sebagai wadah kompos organik

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: wormmainea.com

Robek kantong teh bekas dan buang isinya. Kantong teh bekas ini bisa kamu manfaatkan sebagai wadah kompos kamu. Menggunakan kantong teh sebagai wadah kompos akan memperkaya kandungan nitrogen dalam kompos.

8. Membantu daging menjadi lebih lembut ketika dimasak

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: brilio.net

Tanin dalam teh adalah senyawa yang ditemukan dalam banyak tumbuhan dan tanaman. Kandungan ini dapat memecah molekul dalam daging sehingga bisa menjadi lembut dan mudah dipotong. Kamu hanya perlu menempatkan empat sendok teh daun teh hitam dalam air hangat dan biarkan selama lima menit. Kemudian saring daun teh dan buanglah.

Tambahkan satu sendok teh gula merah dengan air teh tadi. Lalu tempatkan daging di loyang dan tuangkan cairan teh dan gula merah ke atasnya. Diamkan selama setengah jam. Kemudian, masaklah sesuai keinginanmu.

9. Mengurangi iritasi pada kulit akibat luka bakar atau gigitan serangga

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: aol.com

Iritasi kulit akibat gigitan serangga atau terbakar sinar matahari memang cukup mengganggu. Untuk meredakannya, gunakan kantung teh bekas dingin dan kompreskan di area kulit yang terbakar agar rasa perih segera berkurang. Kamu juga dapat mencelupkan kantung teh ke dalam air mandi dan membilas area terbakar dengan air tersebut.

10. Menghilangkan "mata panda"

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekas

foto: brilio.net

Ladies, pasti pernah dengar istilah mata panda kan? Timbulnya mata panda memang cukup mengganggu penampilanmu. Dengan kantong teh bekas, kamu bisa menghilangkan masalah ini. Cukup letakkan kantong teh bekas diatas mata. Sekali lagi tanin dalam kantong teh akan mengurangi bengkak dan menenangkan mata. Berbaring dan rileks selama 15 menit dan biarkan "sihir" teh bekerja.

11. Membuat rambut lebih berkilau

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: magazineface.com

Caranya adalah campurkan tiga cangkir teh hitam ke dalam panci yang berisi setengah liter air mendidih. Biarkan sampai air berubah menjadi cokelat tua. Kemudian, saringlah daun teh dan biarkan sampai dingin. Usai itu, kamu bisa memakainya setelah keramas. Biarkan selama 15 menit kemudian bilaslah. Ulangi cara ini bila benar-benar ingin menggelapkan rambut.

12. Mengobati Bisul

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: hencozs.blogspot.com

Kompres bisul dengan kantong teh bekas selama kurang lebih 15 menit dan biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan hal ini secara rutin. Setelah beberapa hari, bisul pun akan lenyap.

13. Mengurangi bau dan melembutkan kaki

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: blog.yasabe.com

Tambahkan teh celup bekas dalam wadah air hangat. Kemudian gunakan air tadi untuk merendam kakimu. Lalu ucapkan selamat datang pada kaki yang lembut, dan ucapkan selamat tinggal pada kaki kapalan.

14. Menyegarkan nafas

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekasfoto: mostepicstuff.com

Selain menggosok gigi, berkumur dengan air teh dapat membantu nafasmu agar lebih segar. Akan lebih bagus lagi jika teh yang kamu gunakan adalah teh dengan rasa peppermint.

15. Membersihkan karpet rumahmu

Tak cuma hilangkan 'mata panda' ini manfaat dari kantong teh bekas

foto: brilio.net

Karpetmu sudah nggak segar dan berbau apek? Ikuti cara ini! Taburkan serpihan teh di atas karpet. Semprotkan sedikit air dari botol penyemprot ke atas teh tersebut. Sikat ringan karpet tersebut. Diamkan selama 15 menit. Selesai itu, bersihkan dengan vacuum cleaner (atau bisa juga sapu lidi penebah) untuk membersihkan semua kotoran (termasuk serpihan teh) dan bau di karpetmu.

Langkah ini bekerja dengan baik karena bintik-bintik kecil teh basah bertindak sebagai pengangkat serat dari debu dan kotoran yang menempel di karpet. Nah, aroma teh sendiri bisa bertindak menjadi penyegar aroma karpet itu sendiri.