Brilio.net - Kopi itu ampuh banget bikin mata melek, makanya beberapa orang selalu mewajibkan secangkir kopi agar tetap bersemangat ketika beraktivitas. Tapi manfaat kopi ternyata bukan cuma itu saja, lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr Felice Schnoll-Sussman dari Weil Medical College, seperti dikutip brilio.net dari Daily Mail, Jumat (5/6), kopi juga ternyata bermanfaat untuk membantu melancarkan susah buang air besar lho.

Susah buang air besar atau dalam bahasa lain disebut konstipasi merupakan keadaan di mana seseorang susah untuk buang air besar dalam jangka waktu yang lama, sehingga membuat kotoran menjadi mengeras. Kebanyakan kasus konstipasi sendiri disebabkan karena tubuh kekurangan serat. Mengonsumsi kopi yang dikombinasikan dengan pijatan ringan di perineum, area antara kemaluan dan anus, menurut para peneliti bisa membantu melancarkannya.

Tapi jangan sembarang minum kopi ya. Kopi yang dianjurkan, menurut para peneliti adalah kopi yang panas, bukan yang dingin, serta sudah decaf atau yang sudah dihilangkan kandungan kafeinnya. Tapi ini nggak berarti kamu minum kopi sambil pup ya.

 

BACA JUGA:

Pipis di gardu listrik tubuh bocah 7 tahun melepuh dan harus amputasi

Kebelet pipis ternyata ada hubungannya dengan kepintaran seseorang

Saat kebelet di jalan cara pipismu tentukan kepribadianmu

Pipis lebih dari 8 kali sehari ternyata berbahaya

Masih pagi sudah loyo? Kamu mesti cobain minum kopi dicampur telur

Jangan asal minum kopi! Ini waktu paling tepat buat kamu meminumnya

Nggak cuma bikin mata melek, kopi punya banyak manfaat buat kecantikan

10 Manfaat kopi yang tak kamu duga

Rutin minum kopi pahit terbukti bisa mencegah pikun

Kabar gembira buat wanita, kopi ternyata ampuh cegah kanker payudara

Kopi bisa untuk meditasi, begini caranya

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru demi kesehatan kamu