Brilio.net - Selama ini banyak orang yang selalu membuat sekat-sekat pembatas untuk membedakan antara cowok dengan cewek. Contohnya nih, cowok itu nggak boleh nangis, sementara cewek nangis sih itu hal yang wajar. Bahkan kalau nggak nangis, pasti bakalan bilang cewek itu nggak punya hati, ya kan?

Atau ada juga yang pernah bilang, kalau cewek itu mesti bangun pagi, kalau perlu sejak subuh supaya bisa mengurus anak dan suami kelak. Sementara cowok boleh lebih bersantai-santai, kalau perlu bangun telat juga dimaafkan kok. Hmm.., kamu setuju?

Anggapan ini ternyata salah besar lho. Menurut Profesor Jim Horne dari Sleep Research Centre di Loughborough University, Inggris, seperti dikutip brilio.net dari dailymail, Selasa (18/8), cewek, setiap harinya ternyata melakukan aktivitas multitasking yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kaum laki-laki. Oleh karena itu, otak perempuan membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat.

Pada saat tidur, korteks, bagian otak yang berperan untuk berpikir, menyimpan memori, serta mengatur bahasa, akan beristirahat dan memulihkan diri.

Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, tentu segala kepenatan pikiran yang dialami hari sebelumnya akan hilang, otak pun menjadi lebih fresh.

Loading...

Tapi jika kurang tidur, perempuan akan rentan terkena depresi, risikonya jadi gampang marah deh. Hal ini tentu berbeda dengan pria, yang walaupun waktu istirahatnya kurang, pria memiliki kontrol emosi yang lebih baik sehingga emosi mereka tetap berada di titik stabil.

Nggak cuma itu, posisi tidur pun ternyata sangat berpengaruh lho terhadap semangatmu bekerja. Menurut Amy J. C. Cuddy, seorang psikolog sosial dari Harvard Business School, posisi tidur meringkuk ternyata bisa mendistraksi pikiranmu saat bekerja. Tidur meringkuk ternyata dapat mengirimkan pesan kepada tubuh seolah-olah kita merasa lemah, sehingga tanpa sadar kita jadi tak bersemangat ketika bangun tidur. Kamu pun jadi lebih gampang emosian serta menjadi lebih sensitif.

Sebaliknya, untuk mendapatkan performa yang baik ketika bekerja adalah dengan tidur dalam posisi telentang dengan tangan dan kaki terbuka. Hayooo, bagaimana posisi tidurmu?