×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
SPANK, band rock cerdas kritik anak kecil Indonesia dewasa sejak dini

View Image

0

BRILIO » Life

SPANK, band rock cerdas kritik anak kecil Indonesia dewasa sejak dini

Karena konsepnya yang unik, SPANK sempat jadi Duta Anak Save Our Children.

05 / 05 / 2015

Brilio.net - Industri musik di Indonesia tampaknya saat ini memang banyak diramaikan dengan musisi-musisi baru dengan warna yang berbeda. Entah itu dari seorang penyanyi solo maupun band-band baru yang membuat musik Indonesia lebih menggeliat. Salah satu yang mungkin mulai jadi favorit para penikmat musik adalah band asal Jakarta bernama SPANK.

Band yang dipelopori oleh Viza Mahasa ini berhasil merebut hati penikmat musik untuk semua usia berkat lirik lagu mereka yang memang memiliki pesan tersendiri. Sebut saja single pertama SPANK yang berjudul 'Dewasa Sejak Dini', yang berisi pesan tentang seperti apa seharusnya jenis hiburan yang boleh dilihat dan dinikmati oleh anak-anak kecil, adik-adik kita.

"Lagu itu saya buat di Jogja tahun 2013 waktu liburan. Nah, saya lihat kok ponakan saya lagi nonton video orang dewasa. Dari situlah kemudian butuh waktu 5 menit buat saya merampungkan lagu itu. Dan ketika saya perdengarkan pada adik-adik saya ternyata mereka suka dan jadi bertanya, Papa T Bob itu siapa, lho Agnes Monica dulu penyanyi cilik, dan pertanyaan-pertanyaan serupa," ujar Viza saat bertandang ke kantor redaksi brilio.net, Senin (4/5).

Pria kelahiran Jakarta itu juga menambahkan bahwa lagu tersebut memang terkesan ampuh karena berhasil mengalihkan perhatian adik-adiknya tersebut dari hiburan mereka yang semula. Lagu 'Dewasa Sejak Dini' juga ditujukan untuk para generasi muda yang merupakan orangtua dan kakak dari anak-anak kecil Indonesia untuk peduli dengan mereka, untuk menjaga hiburan mereka dan memberikan hiburan bermanfaat yang sesuai dengan umur mereka. Sebab memang zaman dulu dan sekarang itu kebahagiaan anak berbeda.

"Kalau dulu, kita cuma tepuk tangan nyanyi lagu 'naik-naik ke puncak gunung' aja udah bahagia. Nah, anak sekarang lengket sama gadget, itu pun kalau orangtuanya mampu beli. Nah, kalau yang nggak mampu jadinya lari cari hiburan gratis ke gang-gang kecil kan?" lanjut Viza.

Loading...

Akhirnya lagu yang memang didesain untuk mengkritisi tersebut dapat menghantarkan band yang saat ini memiliki tiga personel ini untuk menjadi duta anak dari organisasi Save Our Children. Pada 20 November 2014 SPANK bersama Papa T Bob, Kak Seto, Tika Bisono, Anies Baswedan, Ahok, dan beberapa tokoh lain menjalankan aksi turun ke jalan di bundaran HI untuk memperingati hari anak Internasional. Bahkan pada waktu itu juga hashtag #DewasaSejakDini menjadi top five trending topic dunia di media sosial Twitter karena memang kampanye Save Our Children tersebut merupakan gerakan internasional.

Mengusung lagu bertemakan pesan positif untuk melindungi masa depan anak ternyata tidak hanya membuat Viza (gitaris dan vokalis), Adam (bassis), dan Adhit (drummer) didaulat menjadi duta anak, karena ternyata organisasi internasional lain yaitu Girls not Brides (yang berfokus pada stop pernikahan anak usia dini) yang berbasis di London pun sempat meminta mereka untuk menjadi duta.

"Inti gerakan kami adalah menyerukan untuk turun langsung menyentuh adik-adik di lingkungan kita dan juga kita langsung mengajak untuk ambil aksi. Karena memang kami mau merubah bangsa dengan aksi. Tujuan kami berkarya juga agar berguna bagi orang lain."

SPANK memang sepertinya merupakan salah satu band yang sedang dilirik banyak organisasi sosial untuk membantu misi-misi organisasi sosial tersebut, karena memang hampir semua lagu mereka memberikan pesan positif.

Untuk saat ini sendiri SPANK turut ambil bagian pada acara amal yang diadakan oleh organisasi sosial bidang pendidikan bernama Untuk Papua yang berbasis di Jogja. Selain itu, band ini juga akan ikut ambil bagian pada aksi gizi yang juga merupakan acara untuk anak-anak guna memberikan penyuluhan pentingnya gizi bagi perkembangan anak.

Wah, benar-benar oke punya ya konsep yang diusung oleh band ini? Coba kalau semua band di Indonesia berpikiran sama, membuat lagu dengan menyampaikan pesan positif dan nggak hanya asal genjreng, pasti anak Indonesia masa depannya akan terselamatkan dan nggak bakal dewasa sejak dini deh.

Nih, kalau kamu penasaran sama video klip keren Dewasa Sejak Dini-nya SPANK:







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    25%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more