Brilio.net - Popcorn merupakan camilan wajib saat nonton di bioskop. Aroma dari olahan jagung ini sangat menggoda begitu kamu memasuki gedung teater. Wajar saja, kamu langsung menenteng satu bungkus popcorn untuk menikmati film kesayangan kamu. Tapi tahukah kamu bagaimana popcorn selalu melekat dengan bioskop? Jangan sampai kamu cuma ngemil doang ya, tanpa mengetahui sejarahnya.

Popcorn merupakan olahan jagung yang ditemukan 8.000 tahun setelah jagung pertama di dunia ditanam. Pada zaman dahulu, porcorn sebenarnya jajanan yang dijual bebas di pingir jalan. Bahkan jika kamu membawa popcorn ke dalam gedung bioskop, hal ini akan mengaggu penonton yang lain. Penyebabnya adalah pada waktu itu film belum ada suaranya. Kebayang dong, jika seisi bisokop mengeluarkan suara 'krauk-krauk' saat makan popcorn.

"Bioskop tidak ada hubungannya dengan keberadaan popcorn," kata Andrew Smith, penulis buku Popped Culture: A Social History of Popcorn, dilansir brilio.net dari Consumerist, Rabu (20/5).

Sejarah popcorn, camilan andalan buat teman nonton bioskop kamu

Camilan jagung ini mulai populer saat penduduk Amerika mengalami krisis keuangan atau yang lebih dikenal dengan Great Depression. Peristiwa ini menimpa warga negeri Paman Sam pada 1930. Pada tahun tersebut, film sudah memiliki suara seperti sekarang. Saat negara sedang dalam situasi kacau, nonton film merupakan hiburan yang tepat.

Karena harganya murah, banyak orang akhirnya membeli popcorn di pinggir jalan kemudian dibawa masuk untuk menikmati film. Pada waktu itu, alat yang digunakan untuk mengolah popcorn begitu besar dan kurang praktis. Karena alasan tersebut, para penjual camilan ini tidak diperkenankan untuk menjual dalam gedung bioskop. Mereka hanya diizinkan berjualan di depan gedung saja.

Kepopuleran popcorn semakin meningkat saat Perang Dunia II. Pada waktu itu, Amerika mengalami kekurangan impor gula dari Filipina. Akibatnya, popcorn merupakan alternatif camilan manis yang tepat dibandingkan dengan permen atau soda. Wajar saja, ikatan antara popcorn dan bioskop semakin kuat.

Popcorn bisa masuk bioskop tidak lepas dari penemuan microwave pada abad 20. Alhasil, popcorn menjamur dan sebagai ikon camilan untuk nonton film.

Kapan terakhir kamu nonton bioskop sambil ngemil popcorn?