Brilio.net - Ternyata ada cara yang sederhana untuk menajaga kesehatan jantung. Jika kamu kerepotan melakukan olahraga demi kesehatan jantung, kamu boleh mencobanya dengan pergi ke tempat sauna.

Dahulu memang pergi ke sauna setelah nge-gym merupakan sebuah ancaman bagi tubuh. Terutama untuk laki-laki. Akan tetapi, kini sudah ada penelitian yang menungkapkan bahwa sauna sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Dikutip oleh brilio.net dari huffingtonpost.co.uk, Selasa (31/3), riset ini dilakukan oleh Dr Jari Laukkanen dari Universitas Finlandia Timur. Kemudian hasil penelitan ini diterbitkan untuk jurnal Jama Internal Medicine.

Penelitian ini melibatkan 2,315 laki-laki dengan rentang umur antara 42-60 tahun. Sang peneliti melakukan riset ini di wilayah Finlandia bagian timur, wilayah yang terkenal dengan sauna. Penelitian ini memakan waktu sekitar 21 tahun.

Dari semua orang yang diteliti tersebut, 190 meninggal secara mendadak akibat serangan jantung, 281 meninggal akibat jantung koroner, 407 orang meninggal karena kadiovaskular, sedangkan 929 meninggal semua gejala penyakit jantung tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiko kematian mendadak akibat serangan jantung turun 22% untuk laki-laki yang pergi ke sauna dua hingga tiga kali per minggu. Bahkan resikonya bisa turun hingga 63% jika pergi ke sauna empat sampai tujuh hari dalam seminggu.

Hal ini juga sama untuk kasus jantung koroner. Orang yang pergi ke sauna dua sampai tiga kali seminggu bisa menurunkan resiko penyakit ini hingga 23%. Sedangkan untuk orang yang pergi ke sauna empat hingga tujuh hari dalam seminggu, angka resiko itu berbuah menjadi 48%.

Bagaimana dengan kasus kardiovaskular? Risiko terkena penyakit ini bisa turun hingga 27% untuk pria yang datang ke sauna dua hingga tiga hari per minggu, bahkan bisa mencapai 50% jika melakukan sauna empat sampai tujuh kali dalam seminggu.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk melakukannya?