Brilio.net - Tren olahraga memang tidak akan pernah habis dan terus bergulir. Dulu banyak orang melakukan poco-poco sebagai alternatif menyehatkan tubuh. Sekarang, banyak cewek yang rajin untuk mengikuti beberapa kelas zumba lengkap dengan instrukturnya.

Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya poco-poco lebih asyik daripada zumba? Berikut adalah jawabannya sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/9).

1. Ritme gerakan yang tidak terlalu cepat

Poco-poco ternyata lebih asyik ketimbang zumba, ini buktinya!

Jika kamu jarang berolahraga, poco-poco merupakan pilihan yang bagus. Tarian ini tidak terlalu banyak menguras gerakan tubuhmu. Sebagai pemula, dijamin gerakan poco-poco tidak akan membuat tubuhmu kaget. Bahkan kamu tidak merasa berolahraga karena poco-poco mirip dengan tarian.

Loading...

Hal ini sangat berbeda dengan zumba. Senam aerobik ini langsung bisa membuat badanmu berkeringat meski baru bergerak sepuluh menit. Selain itu, irama musik yang cepat membuat badanmu harus menyesuaikan dengan gerakan yang cepat pula.

2. Gerakannya sudah pakem

Poco-poco ternyata lebih asyik ketimbang zumba, ini buktinya!

Susah untuk melakukan improvisasi gerakan poco-poco. Kamu harus browsing dulu untuk melakukannya. Kamu bisa lihat beberapa tutorial di YouTube untuk melihat lebih detail. Selain itu, musik yang sering dipakai adalah lagu Poco-poco. Jika kamu senam zumba kamu bisa menggunakan lagu sesuai selera, asal dengan beat yang tinggi. Biasanya musik remix merupakan jenis musik yang paling populer.

3. Dipopulerkan oleh anggota TNI

Poco-poco ternyata lebih asyik ketimbang zumba, ini buktinya!

Dari sisi historis, gerakan poco-poco merupakan senam irama yang dilakukan oleh anggota TNI dan POLRI. Poco-poco mulai menjamur karena tayangan Dansa Yo Dansa di TVRI. Efek program televisi itulah yang membuat poco-poco menjamur di masyarakat. Jadi sudah siapkah kamu bergoyang poco-poco?

4. Bisa mencegah pikun

Poco-poco ternyata lebih asyik ketimbang zumba, ini buktinya!

Berdasarkan disertasi yang ditulis oleh Ria Maria Theresa, gerakan poco-poco ternyata bisa mencegah kepikunan atau demensia. Alumnus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta ini melakukan penelitian manfaat tarian poco-poco terhadap 40 orang.

5. Bukti cinta Indonesia

Poco-poco ternyata lebih asyik ketimbang zumba, ini buktinya!

Jika kamu bingung bagaimana mencintai negara ini, seringlah menari poco-poco. Selain sehat, kamu mengapresiasi hasil karya bangsa sendiri. Lagu Poco-poco ternyata diciptakan oleh orang Ambon bernama Arie Sapulette tetapi dinyanyikan oleh Yopie Latul. Jadi, tunggu apalagi?