Brilio.net - Jika hidup memang harus memilih, maka kamu harus menentukan segala sesuatunya dengan bijaksana. Sebagai contoh saat kamu ingin pindah rumah. Pastikan tetangga barumu memiliki gaya hidup yang sehat dan kondisi sosial-ekonomi yang bagus. Jika tidak, DNA kamu bisa tidak aman. Lha, emang ngaruh ya?

Dikutip brilio.net dari New York Times, Minggu (12/7), sebuah studi yang dilakukan oleh ahli dari Pittsburgh University, Mijung Park, menghubungkan antara kondisi tetangga dan tingkat kesehatan DNA. Riset ini melibatkan 2.981 orang kewarganegaraan Belanda dengan rentang umur antara 18 hingga 65 tahun.

Setiap responden diinvestigasi hal-hal yang berkaitan dengan tingkat kebisingan, vandalisme, dan juga keamanan lingkungan. Bahkan, tingkat perekonomian dan gaya hidup juga diteliti.

Temuan kajian ini menunjukkan bahwa lingkungan tetangga yang tidak baik atau tidak aman ternyata mempengaruhi kesehatan DNA. Salah satu elemen DNA, telemore bisa berumur lebih pendek jika seseorang tinggal dengan tetangga yang tidak baik. Telemore terletak di ujung kromosom. Tugas dari telemore berkaitan dengan umur, penyakit dan kematian.

Sang peneliti menandaskan bahwa orang akan lebih cepat tua jika tinggal dengan tetangga yang tidak baik meskipun orang tersebut memiliki gender dan umur yang sama. Hal ini terjadi karena telemore umurnya lebih pendek pada lingkungan yang buruk.

BACA JUGA TIPS BUAT KESEHATAN KAMU LAINNYA:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!

Rajin olahraga nggak cuma menyehatkan, tapi bisa bikin kamu jenius!