Brilio.net - Kamu tetap susah tidur meski sudah mencoba mandi air hangat, minum susu panas, sampai menghitung domba? Kali ini ada cara yang disebut-sebut jitu untuk membuatmu tidur dalam hitungan 60 detik! Tentu saja tanpa melibatkan obat atau segala macam tetek bengeknya. Mau coba?

Namanya teknik pernapasan 4-7-8. Seperti dikutip brilio.net dari laman Daily Mail, Rabu (20/5), metode ini disebut sebagai obat alami untuk sistem saraf yang membantu mengurangi ketegangan dalam tubuh.

Teknik berdasarkan pranayama, praktik India kuno yang berarti 'regulasi napas', ini dipelopori oleh Dr Andrew Weil. Untuk melakukannya kamu harus terlebih dahulu menghembuskan napas sepenuhnya melalui mulut sembari membuat suara 'whoosh'.

Selesai itu, tutup mulut kamu dan tarik napas pelan melalui hidung sampai hitungan ke empat kali-cukup di dalam hati saja menghitungnya (bisa juga menurut hitungan detik). Lalu, tahanlah napas untuk tujuh kali hitungan. Baru setelah itu, buang napas sepenuhnya melalui mulut sambil bersuara 'whoosh' selama delapan detik dalam satu napas besar. Nah, kamu bisa ulangi sebanyak tiga kali siklus.

Kamu bisa cek video ini untuk tahu lebih lanjut.

Loading...

Weil mengatakan, "Pastikan kamu menghirup tenang melalui hidung dan menghembuskan napas sampai terdengar melalui mulut. Posisi ujung lidahmu tetap di posisinya seperti biasa."

Dia juga menambahkan bahwa waktu yang kamu habiskan untuk setiap fase tidaklah penting, yang terpenting adalah rasio 4-7-8 itu. Teknik pernapasan 4-7-8 disebut kalangan dokter Harvard memungkinkan oksigen lebih banyak mengisi paru-paru.

Nah, oksigen tersebut bisa membuat sistem saraf parasimpatis kamu lebih rileks sehingga kamu bisa tenang. Hal ini berguna banget kalau kamu sedang stres yang membuat sistem saraf tegang sehingga siklus tidurmu terganggu. Teknik pernapasan 4-7-8 ini juga bisa mengenyahkan pikiran yang mengeruhkan otakmu sehingga bikin tidurmu tak nyenyak.

Tak hanya itu, teknik ini bisa lho, mengurangi kecemasan yang kamu alami. Seseorang telah berkomentar dalam video milik Weil di YouTube tentang teknik pernapasan ini, dia berhasil membuktikan kecemasannya yang menjadi gejala Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) pada dirinya, telah berkurang dengan teknik pernapasan 4-7-8 ini.

Weil memungkas, kalau kamu ingin mudah tidur, sebaiknya berlatih teknik ini sebanyak dua kali dalam satu hari, selama enam sampai delapan minggu. Itu kamu lakukan sampai kamu benar-benar cukup menguasai teknik bisa tidur hanya dalam 60 detik.

Jadi, tidak bisa instan, guys. Kamu tetap perlu latihan supaya terbiasa. Bukankah orang bisa karena terbiasa? Nah, sekarang tak ada lagi alasan kamu tidak bisa tidur karena insomnia. Selamat mencoba dan semoga tidurmu semakin berkualitas ya!