Brilio.net - Kalau misal ada api di dekat kamu, apa yang kamu lakukan untuk mematikan nyala apinya? Siram pakai air seember? Ditutup pakai kain basah? Atau malah cuma dipukul-pukul doang pakai kain kering sampai apinya menghilang? Ah, ketimbang buang-buang air dan tenaga yang akhirnya bikin capek, mending matiin apinya pakai suara aja! Heh?

Yap! Teknik mematikan api dengan menggunakan suara, lebih tepatnya gelombang suara ini merupakan hasil uji coba dua mahasiswa fakultas teknik dari George Mason University, Virginia, seperti dikutip brilio.net dari Foxnews, Jumat (24/7). Kedua mahasiswa ini menciptakan pemadam kebakaran yang bahkan menurut kampusnya merupakan sebuah karya penemuan yang sangat revolusioner. Sebab mereka bisa menggunakan gelombang suara yang punya frekuensi yang cukup rendah, ketimbang membuang-buang sumber daya alam seperti air, gas atau busa yang tentu kalau digunakan secara berlebihan, tentu bakal cepat habis dong. Boros!

Seperti terlihat dalam video, alat yang berbentuk silinder ini memiliki bentuk yang sangat kecil jika dibandingkan dengan pemadam api tradisional pada umumnya. Penggunaannya pun gampang banget, kamu cukup mendekatkan alat ini ke sumber api dengan jarak kira-kira sekitar satu kaki, dan voila! Api yang tadinya mengepul-ngepul mati dalam waktu hanya sepersekian menit. Kok bisa ya?

Menurut Tran dan Seth Robertson, sang penemu alat pemadam kebakaran ini, mengatakan bahwa cara kerjanya sebenarnya sangatlah sederhana. Dengan meningkatkan kecepatan partikel udara di dalam dan di sekitar api, kemudian alat itu menurunkan permukaan area udara dalam api yang membakar, sehingga nyala api semakin lama semakin berkurang dan kemudian benar-benar mati. Keren!

Pemadam kebakaran revolusioner ini saat ini diketahui sedang dalam proses pengajuan aplikasi paten awal yang mungkin nanti bisa saja akan diproduksi massal dan diperjualbelikan secara bebas di pasaran. Wah, kalau benar-benar diproduksi, Indonesia kayaknya pelu nih mengganti cara tradisional memadamkan kebakaran dengan menggunakan alat ini. Bayangin, berapa banyak biaya yang bisa dihemat negara kita? Brilio!

Loading...

HOT NEWS:

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!

15 Emoji yang sering salah digunakan saat chatting

15 Hal ini pasti pernah kamu rasakan ketika merantau ke ibu kota

19 Foto bayi hewan yang menggemaskan

11 Foto editan Agan Harahap ini dimuat di media asing top wired.com

15 Foto kombo, seni baru fotografi yang akan membuat kamu terbelalak!

Ini 12 meme Khong Guan yang pasti bikin kamu ngakak

Uji kecerdasanmu, bisa jawab di atas 7 berarti IQ tinggi

Ini dia penipuan paling epik pembeli online Indonesia, bikin ngakak

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

Mbah Sholeh, meninggal 9 Kali, makamnya ada 9

Telan landak 12,7 kg, ular Piton mati perutnya ketancep banyak duri

Kalau kamu senyum-senyum lihat 25 Gambar ini, masa kecilmu bahagia!

10 Foto yang akan membuatmu merindukan sosok ayah

10 Coretan di uang kertas yang mungkin pernah kamu lakukan saat kecil

21 Stiker lucu di sepatbor motor, awas nabrak!

20 Tas belanjaan unik, kreatif, juga menggelikan

25 Meme kucing yang imut, ngegemesin dan bikin ketawa