Brilio.net - Jika kamu beranggapan bahwa tidak ada hubungan antara penampilan dan kecerdasan, kamu salah. Faktanya adalah orang dengan muka cakep dihubungkan dengan kecerdasan yang tinggi. Kenyataan ini jangan sampai membuat iri jika kamu mempunyai muka yang pas-pasan. Dikutip brilio.net dari dailymail.co.uk, Rabu (29/4), baik cewek ataupun cowok yang mempunyai muka cakep ternyata skor IQ-nya 14 poin di atas rata-rata. Wow!

Seorang peneliti asal London School of Economics, Satoshi Kanazawa mengungkap bahwa orang dengan penampilan yang menarik (cakep) memang memiliki kecerdasan tinggi. Dalam studinya, Satoshi melibatkan 17.419 orang yang lahir di bulan Maret minggu pertama tahun 1958. Data tersebut diperoleh dari National Child Development Study. Dari masa anak-anak hingga memasuki usia dewasa, semua subjek diberikan berbagai macam tes seperti kemampuan akademik dan tes kecerdasan.

Riset di Inggris menunjukkan bahwa cowok yang dengan muka ganteng memiliki skor IQ 13,6 poin. Di sisi lain, cewek cantik mempunyai skor 11,4 lebih tinggi dibandingkan dengan cewek yang berpenampilan biasa-biasa.

Sebagai peneliti, Satoshi menegaskan bahwa orang dengan muka cakep memang terbukti lebih pintar secara ilmiah bukan persoalan persepsi saja. Jika tidak percaya, ada lho artis cantik Indonesia yang bisa kuliah di Oxford, seperti Maudy Ayunda contohnya. Selain itu ada juga Cinta Laura yang bisa tembus ke Universitas Columbia.