Brilio.net - Sebagai pecinta kartun, sebaiknya kamu lebih selektif dalam menontonnya. Tidak semua film ini kamu nikmati, apalagi jika serial kartun tersebut dibintangi oleh karakter dengan tubuh yang gendut.

Hal ini bisa memengaruhi pola makanmu. Sebuah riset mengungkapkan bahwa karakter tokoh yang gemuk pada kartun bisa menyebabkan makan berlebihan sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari New York Times, Senin (3/8).

Studi ini dilakukan terhadap 60 anak kelas 8 (SMP) yang dipilih secara acak. Dalam penelitiannya, masing-masing anak mendapatkan tugas untuk mengomentari tokoh yang gemuk atau kurus. Setelah itu mereka bebas untuk mengambil permen yang disediakan sebagai ucapan terima kasih karena sudah berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak yang mengomentari karakter yang gendut cenderung mengambil permen yang lebih banyak dengan rata-rata 3,8 buah. Sedangkan, anak-anak yang diperlihatkan dengan karakter yang ramping hanya mengambil permen rata-rata 1,7 buah. Dari hasil inilah sang peneliti percaya bawa karakter gendut pada kartun bisa menyebabkan makan berlebihan.

Penelitian ini juga menggarisbawahi bagaimana karakter kartun yang ada di buku, televisi, iklan makanan, video game, dan komik memengaruhi perilaku atau pola makan yang tidak terduga.

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu harus milih-milih karakter kartun sebelum menontonnya.