Brilio.net - Orang yang memiliki mata minus pasti sangat bergantung dengan kacamata maupun kontak lens supaya bisa melihat secara 'normal'. Tapi yang bikin bete maksimal adalah ketika kamu susahnya masang kontak lense ke mata atau ketika kamu ketinggalan kacamata. Duh, pasti seharian jadi susah kan mau ngapa-ngapain?

Kalau misalnya kamu mengalami hal ngebetein seperti ini, jangan buru-buru bete ya. Sebenarnya ada cara yang sederhana tapi mampu mengatasi kesusahan membaca bagi kamu pemilik mata minus. Pakai saja jarimu! Jari? Yakin?

Nggak perlu kacamata untuk atasi mata minus, jari tanganmu juga bisa!



Jari tanganmu ternyata bisa, lho, menggantikan fungsi kacamata untuk melihat. Caranya pun gampang banget, kamu tinggal membuat celah dari jari telunjuk maupun jempol. Setelah itu kamu bisa deh melihat dan membaca dengan jelas tulisan-tulisan yang kecil dari sela-sela lubang tersebut. Lho memangnya bisa?

HOT NEWS:

Kasih ibu sepanjang masa,umur 101 tahun rawat anak cacat usia 63 tahun

Yap, bener banget! Hal ini disebabkan karena jari-jari yang membentuk celah tersebut akan memblok cahaya yang datang sehingga cahaya yang masuk cuma dari lubang kecil dari jari tersebut, seperti dikutip brilio.net dari Lifehack, Jumat (22/5).

WAJIB KLIK:

Cara bedakan es batu dari air matang atau mentah

Prinsip ini sendiri mirip dengan prinsip kerja Pinhole Camera, dimana dengan lubang yang kecil itu mata akan meningkatkan Depth of Field dengan cara membatasi jumlah sinar cahaya yang masuk ke kata. Dengan metode ini, cahaya mampu menekan retina secara langsung sehingga penerimaan gambar menjadi lebih jelas. Sudah tahu kan manfaatnya? Tapi jangan jadi sering meninggalkan kacamata ya!

TRENDING NEWS:

Misteri kematian Galang Rambu Anarki, asma atau narkotika?

Teka-teki wajah Ibnu Sutowo di Patung Pemuda Membangun

FOTO: Tak ada yang bisa ngalahin grafiti dahsyat ini