Brilio.net - Kenyang setelah makan? Pasti ini akan kamu alami. Tapi kalau setelah makan malah membuat badanmu jadi nggak ideal dan terkesan gendut gimana? Apalagi kerjaan kamu cuma makan tanpa melakukan aktivitas di luar rumah. Makin melar deh tuh badan. Kebanyakan sih jadi nggak PD dan ingin melakukan diet.

Nah, tau nggak sebenarnya ada beberapa kebiasaan buruk yang biasa kamu lakukan setelah makan makanan berat. Mungkin, ini jadi salah satu penyebab berat badan kamu semakin membengkak. Bahkan kebiasaan ini juga dapat mempengaruhi metabolisme dan pencernaan dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berikut kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan setelah makan dan membuat kamu semakin gendut, seperti dilansir brilio.net dari BoldSky, Selasa (11/8).

1. Tidur

Nggak mau badan makin gendut? Hindari 7 kebiasaan ini setelah makan!

Loading...

Tidur setelah makan dapat memperlambat proses pencernaan yang menyebabkan kembung. Hal ini juga menjadi salah satu faktor penting yang menyebabkan kenaikan berat badan. Kamu harus menunggu selama minimal dua jam setelah makan, agar proses pencernaan bisa kembali normal, baru kemudian tidur siang kalau kamu benar-benar ingin tidur. Hal ini juga berlaku ketika malam hari, usahakan makan malam dua jam sebelum tidur.

2. Malas-malasan

Kebiasaan umum setelah makan adalah duduk-duduk santai sambil mengobrol dengan keluarga atau teman-teman. Tapi tahu nggak ternyata hal itu juga bisa membuat berat badan kamu naik, lho.

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya hindari malas-malasan setelah makan. Kamu bisa berjalan-jalan santai selama 15-20 menit setelah makan, untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini juga membantu dalam proses pencernaan, sekaligus mencegah kembung.

3. Melonggarkan ikat pinggang

Nggak mau badan makin gendut? Hindari 7 kebiasaan ini setelah makan!

Buat kamu yang suka memakai ikat pinggang, sering kali setelah makan kamu akan mengendurkan ikatan pinggang yang dipakai. Ternyata, hal tersebut bisa menyebabkan otot-otot perut mengendur dan perut akan menjadi besar dan menonjol keluar. Sebaiknya, kebiasaan tersebut dihindari ketika setelah makan, agar badan tidak mudah gendut.

4. Mandi

Nggak mau badan makin gendut? Hindari 7 kebiasaan ini setelah makan!Mandi setelah makan malam dapat memperlambat proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Ini akan memperlambat aliran darah menuju perut dan menurunkan suhu tubuh, yang berakibat dapat memperlambat proses pencernaan. Sebaiknya, kamu mandi setelah beberapa jam setelah makan, atau malah mandi sebelum makan.

5. Merokok

Nggak mau badan makin gendut? Hindari 7 kebiasaan ini setelah makan!

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan merokok setelah makan. Meski pun, merokok memang nggak baik dalam waktu kapan pun dan kondisi apa pun. Tetapi, merokok akan semakin berbahaya ketika dilakukan setelah makan. Merokok setelah makan dapat menyebabkan keasaman, membakar hati, dan bahkan kenaikan berat badan.

6. Olahraga berat

Nggak mau badan makin gendut? Hindari 7 kebiasaan ini setelah makan!

Olahraga berat yang memicu banyak tenaga dan keringat adalah salah satu yang nggak dianjurkan setelah makan. Melakukan olahraga berat setelah makan, dapat meningkatkan tekanan darah dan subuh tubuh. Selain itu, juga bisa menyebabkan sakit perut dan kram.

7. Makan buah

Nggak mau badan makin gendut? Hindari 7 kebiasaan ini setelah makan!Kebiasaan ini juga sangat banyak dilakukan oleh banyak orang setelah makan. Mengonsumsi langsung buah setelah makan, dapat membuat perut nggak bisa mencerna buah tersebut. Buah tersebut akan terurai dalam perut dan membuat pencernaan akan lambat. Jadi, makanlah buah satu jam setelah makan, merupakan kebiasaan baik yang dapat mencegah berat badan naik.