Brilio.net - Di matamu, mungkin sosok ayah adalah sosok yang jarang sekali berbicara, tetapi yang kamu tak tahu, isi hati ayah sangatlah lemah lembut terhadap putra-putrinya.

Seorang ayah menyimpan rahasia yaitu berupa harapan agar anaknya kelak dapat menjadi orang yang berbakti kepada orangtua. Tah hanya itu, ayah juga selalu memikirkan segala sesuatu yang terbaik untuk anaknya. Terkadang apabila kamu meminta sesuatu yang berupa barang mahal dan barang itu belum penting maka ayah hanya bisa terdiam, dan dalam hati beliau sedih tidak bisa membelikan barang kesukaan anaknya tersebut.

Satu lagi momen yang akan selalu menggetarkan siapa saja, adalah momen pernikahan. Suka tidak suka, ayah adalah orang yang paling merasa kehilangan, karena ia harus merelakan putri kecilnya untuk hidup bersama lelaki baik yang menjadi pilihan putrinya.

Putrinya kini tak lagi seorang gadis kecil yang dulu ia gendong kemana-mana. Lalu, nasihat apa yang biasanya ayah sampaikan saat pernikahan putrinya? Berikut ini adalah nasihat-nasihat menyentuh hati yang disampaikan ayah untuk putrinya saat pernikahan, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (21/12).

1. Tetaplah saling mencintai selama-lamanya

Nasihat ini biasa disampaikan ayah menjelang pernikahan putrinya foto: bridalmusings.com

"Anakku, memang benar cinta bukanlah segalanya. Tetapi tanpa cinta, segalanya pun tak akan ada. Tetaplah saling mencintai selama-lamanya. Percayalah bahwa kalian adalah dua makhluk yang memang ditakdirkan bersama selamanya."

2. Tetaplah tegar berlayar di aneka gelombang persoalan

Nasihat ini biasa disampaikan ayah menjelang pernikahan putrinya foto: fancystyles.wordpress.com

"Anakku, kami akan segera melepasmu laksana penjaga pantai melepas sebuah pelayaran ke lautan lepas. Bahtera yang telah kalian persiapkan akan segera berlayar dalam aneka gelombang persoalan."

3. Bukalah matamu lebar-lebar sebelum menikah, dan tutuplah rapat-rapat setelah menikah

Nasihat ini biasa disampaikan ayah menjelang pernikahan putrinya foto: delsolphotography.com

"Anakku, kalian berhak memilih siapapun yang menurut kalian terbaik sebelum kalian menikah dengan tetap membuka mata lebar-lebar, namun, tutuplah rapat-rapat mata kalian setelah menikah dengan hanya melihat satu sama lain."

4. Tak perlu berlebihan, hidup sederhana namun cukup adalah lebih baik

Nasihat ini biasa disampaikan ayah menjelang pernikahan putrinya foto: rediff.com

"Putriku sayang, bukan materi yang utama yang nanti harus kalian cari. Tetapi kebahagiaan yang hakiki. Untuk itu, tak perlu berlebihan. Hiduplah sederhana namun tetap cukup dan memiliki ketenangan hati."

5. Mulailah belajar menjadi orangtua yang baik

Nasihat ini biasa disampaikan ayah menjelang pernikahan putrinya foto: laurenyoungsphotography.com

"Anakku, jika pada saatnya nanti telah tiba gilirannya kalian untuk menjadi orangtua, maka jadilah orangtua yang baik. Yang selalu bisa membimbing dan membesarkan putra-putri kalian dengan penuh cinta."

6. Teruslah mempelajari satu sama lain

Nasihat ini biasa disampaikan ayah menjelang pernikahan putrinya foto: sebastiendamour.com

"Pasangan kalian seperti lembar demi lembar buku yang tak akan habis dibaca. Untuk itu, tetaplah belajar dan mempelajari satu sama lain hingga selama-lamanya."

7. Tetaplah saling menjaga dan bertanggung jawab satu sama lainnya

Nasihat ini biasa disampaikan ayah menjelang pernikahan putrinya foto: pinterest.com

"Dimulai berdua, kalian nantinya akan membangun keluarga kecil seperti aku dan ibumu dulu. Untuk itu, tetaplah saling menjaga dan bertanggung jawab satu sama lainnya. Kalian adalah harta tak ternilai untuk masing-masing."

Duh, jadi campur aduk ya menyimak nasihat dari ayah di atas.