Brilio.net - Kamu yang tumbuh remaja di era tahun 2007-2008 pasti pada tahu lagu satu ini deh. Liriknya begini "Jauh kau pergi meninggalkan diriku, di sini aku merindukan dirimu." Yap lagu yang berjudul Tinggal Kenangan ini memang sempat booming sekali di Indonesia. Hampir semua radio pasti pernah memutar lagu ini.

Selain liriknya yang sendu dan membuat perasaan campur aduk, kisah yang mengiringinya juga bisa bikin bulu kuduk merinding. Pasalnya hingga lagu ini booming, wujud pemainnya belum diketahui. Banyak yang bilang, sosok gadis yang menyanyikan lagu ini bernama Gaby dan sudah meninggal. Lalu mitos lainnya bilang jika kamu mendengarkan lagu ini malam-malam bakal didatangin hantunya Gaby. Hiiii..

Dari cerita yang beredar, lagu itu dinyanyikan Gaby karena dia baru saja kehilangan pacarnya yang meninggal akibat kecelakaan. Namun karena kesedihan yang terlalu mendalam membuat Gaby memutuskan untuk menyusul pacarnya dengan cara bunuh diri.

Tak hanya itu saja, misteri kematian Gaby ternyata juga muncul dalam bentuk cerpen karya seorang blogger bernama Agnes Danovar. Agnes mengaku mendengar lagu itu pertama kali dari seorang temannya di Bali. Dalam cerpen itu diceritakan bahwa Gaby mempunyai pacar bernama Popo dan bersama-sama mendirikan sebuah band. Sayang saat manggung, Popo tidak bisa hadir karena dalam keadaan kritis di rumah sakit dan akhirnya meninggal. Saking sedihnya kemudian Gaby menyanyikan lagu Tinggal Kenangan di atas panggung untuk mengenang Popo.

Karena banyaknya versi yang beredar, akhirnya membuat pakar telematika Roy Suryo turun tangan. Menurut Roy, video itu direkam tahun 2005 dan dibuat oleh seorang gadis asal Makassar bernama Aby. Aby sendiri menuturkan bahwa lagu itu diciptakan oleh rekannya bernama Pay saat masih berada di sebuah sanggar bernama Sangdipa. Lagu itu kemudian ditampilkan dalam acara kampus dan menyebar begitu saja dari satu telinga ke telinga lainnya.

Lalu ada juga band Caramel dari Makassar yang mengaku membuat lagu itu dengan judul asli "Jauh." Menurut sang gitaris lagu itu sudah diciptakan sejak tahun 2003 silam.

Nah kalau menurutmu bagaimana?

Ini video lagu Gaby - Tinggal Kenangan: