Brilio.net - Banyak orang rela melakukan berbagai macam hal, dari yang sederhana sama cara ekstrem hanya demi mendapatkan berat badan yang ideal. Bahkan kalau perlu meminum pil atau obat pelangsing supaya efeknya dapat segera didapatkan secara instan yang terkadang malah berujung fatal. Bukannya tubuh langsung ideal yang didapat, malah penyakit bersarang di dalam tubuh. Duh!

Ketimbang menggunakan metode yang justru bikn tubuh jadi nggak sehat, lebih baik diatur saja pola asupan makanmu. dan jangan lupa sebelum mengonsumsi makanan berat, konsumsi dua gelas air putih terlebih dahulu ya? Lho, emang bisa menurunkan berat badan?

Rasa lapar yang sering kita rasakan sebenarnya merupakan tanda kamu sedang haus. Karena rasa haus inilah seseorang cenderung untuk mengonsumsi makanan secara berlebih. Oleh karena itu, ketika rasa lapar datang menghadang, seperti dikutip brilio.net dari Daily Mail, Selasa (7/7), cobalah untuk mensiasatinya dengan mengonsumsi air putih beberapa saat sebelum menikmati makanan. Memangnya bisa turunkan berat badan?

Menurut penelitian yang dilakukan Rebecc Muckelbauer dari Berlin School of Public Health, Charite University Medical Center Berlin, rasa kenyang adalah alasan utama seseorang kehilangan berat badan. Mengonsumsi air putih sebelum makan bisa memicu rasa kenyang lebih cepat, sehingga kamu akan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit. Mengapa bisa begitu? Sebab ketika mengonsumsi air putih, maka akan terjadi efek thermogenesis yang dengan kata lain tubuh akan mengeluarkan energi akibat efek yang ditimbulkan setelah mengonsumsi air putih.

Dengan meminum air putih sebelum makan, bukan hanya berdampak mengurangi asupan kalori berlebih tapi juga sangat bermanfaat terutama bagi kesehatanmu. Salah satunya adalah dengan membantu ginjal untuk menjalani fungsinya dengan baik. Dengan ginjal yang bekerja secara lancar, tentu tubuh akan lebih efektif dalam bermetabolisme, bukan? Bahkan menurut penelitian terbaru, orang dewasa yang minum dua gelas air putih sebelum makan cenderung untuk mengalami penurunan berat badan sampai dengan 1,814 kilogram lebih banyak ketimbang mereka yang tidak.

Loading...

Terlepas dari manfaat buruknya, kamu kudu perhatikan lagi batas asupan air tubuhmu sendiri ya? Sebab setiap orang memiliki batas yang berbeda-beda bergantung pada berat badan, aktivitas serta iklim yang ada di daerah tempat tinggalmu. Mengonsumsi air lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan tubuh juga tidak baik karena dapat berdampak negatif bagi kesehatanmu.

Jadi, sudah minum air putih hari ini? Kesehatanmu lho.

BACA JUGA:

Biar nggak dehidrasi, kamu mesti pilih 4 makanan ini saat pancaroba

Ini 11 bahaya dehidrasi yang bisa ganggu kesehatan kamu, fatal lho!

13 Masalah serius kalau kamu ogah minum air putih, berbahaya!

BACA JUGA:

Media sosial terbukti bisa bantu hentikan kebiasaan merokok

Ini perbedaan cowok dan cewek dalam hal membalas email

Sejarah nyanyian dan tarian di film India, pernah 7 lagu di satu film

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!

Ada yang aneh di foto yang sangat indah ini

Jangan pernah panaskan kembali 6 makanan ini, tak baik bagi kesehatan