Brilio.net - Mengeringkan tangan setelah cuci tangan ternyata bukan hal sepele. Bisa jadi, setelah kamu mengeringkan tangan, kamu menyebarkan bakteri kepada orang lain. Akibatnya,percuma saja membersihkan tangan kamu. Jadi, kamu harus hati-hati terhadap cara mengeringkan tangan. Terlebih lagi jika kamu sering menggunakan toilet umum.

Dikutip oleh brilio.net dari mirror.co.uk, Kamis (9/4), mengeringkan tangan dengan menggunakan tisu merupakan pilihan yang tepat untuk menghindari penyebaran bakteri. Para peneliti dari Universitas Westminster telah membadingkan tiga cara untuk mengeringkan tangan yakni menggunakan mesin pengering, tisu dan mesin pengering jet.

Hasil dari riset tersebut mengungkapkan bahwa mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering bisa menyebarkan koloni bakteri hingga 67 dalam jarak 20 cm dari alat tersebut. Dalam jarak yang sama, tisu menyebarkan 0 koloni bakteri. Tambahnya lagi, dalam jarak 1,5 meter dari mesin pengering tersebut masih bisa menyebarkan 11,5 koloni bakteri. Lebih bahayanya lagi adalah ketika ada anak kecil yang dekat dengan mesin tersebut. Anak kecil ini bisa terkena bakteri tersebut.

Dari hasil penemuan tersebut, tisu merupakan cara yang bagus untuk mengeringkan tangan setelah dicuci. Akan tetapi, penemuan ini dibantah oleh perakit mesin tersebut. Dia beranggapan bahwa usaha tisu telah gagal dalam menemukan teknologi baru terkait dengan isu lingkungan. Memang pabrik tisu dianggap tidak ramah lingkungan.