Brilio.net - Beberapa waktu lalu dunia sempat heboh dengan pelegalan pernikahan sesama jenis atau dalam lingkup besar Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender (LGBT) di Amerika Serikat. Nah, pernahkah kamu berpikir benarkah jenis orientasi seksual ini hanya terdiri dari empat macam saja?

Ternyata, ada banyak istilah bagi orang yang memiliki orientasi seksual yang 'tidak semestinya'. Bahkan bukan sekadar orientasi seksual, tapi juga romantisme. Mau tahu?

Dilansir brilio.net dari Huffington Post, Kamis (22/10), berikut penjelasannya:

1. Aseksual
Seseorang yang mengalami aseksual adalah orang yang tidak mengalami daya tarik seksual. Mereka yang aseksual mungkin beranggapan bahwa orang lain sebagai sosok yang estetis atau indah, tapi mereka tak tertarik secara seksual. Beberapa orang aseksual juga memiliki keinginan memberikan kasih sayang kepada orang lain, tapi tidak akan berlanjut ke hal terkait seksual. Dan aseksual dianggap adalah bawaan lahir, bukan akibat pilihan hidup orang bersangkutan.

2. Aromantis
Orang yang aromantis mengalami sedikit atau bahkan tidak punya darah romantis kepada orang lain. Mereka bukan tidak memiliki emosi kepada orang lain secara pribadi, hanya saja tidak ingin terkoneksi lebih dalam dan secara romantis. Sama halnya dengan aseksual, menjadi aromantis dianggap bawaan dan bukan pilihan pribadi.

3. Graysexual
Seorang bernama Jared yang mengidentifikasi dirinya sebagai graysexual, menyatakan definisi graysexual adalah sebagai 'wilayah' antara aseksual dan ketertarikan seksual. Orang seperti ini bisa diidentifikasi gay atau lurus-lurus saja atau teridentifikasi seksual lainnya. Seperti namanya, orientasi seksual ini abu-abu.

4. Demisexual
Orang demisexual tidak merasakan ketertarikan seksual kepada orang lain, kecuali dia telah terlibat emosi yang kuat dengan seseorang.

5. Demiromantic
Mirip dengan orang demisexual, seseorang tidak merasa tertarik secara romantis kepada orang lain kecuali mereka telah membentuk ikatan emosional yang kuat dengan seseorang.

6. Lithromantic
Istilah ini menggambarkan seseorang yang mengalami cinta romantis tapi tidak ingin perasaan mereka terbalas. Bahkan orang ini bisa jadi setuju, bisa juga tidak dengan hubungan romantis.

7. Pansexual
Pansexual terjadi pada mereka yang secara seksual atau emosional atau spiritual mampu jatuh cinta kepada semua jenis kelamin. Wew!

8. Polysexual
Mirip dengan pansexual, orang polysexual dapat tertarik kepada beberapa orang dengan jenis kelamin berbeda, tapi mereka tidak memiliki kemampuan atau keinginan untuk bersama dengan beberapa orang di antara mereka.

9. Panromantic
Panromantic adalah seseorang yang secara romantis, tapi tidak secara seksual, tertarik kepada orang lain tanpa memandang jenis kelamin atau gender.

10. Skoliosexual
Menurut Genderqueerid.com, skoliosexual mengacu pada daya tarik seksual untuk seseorang yang diidentifikasi non-biner. Gender biner atau gender binary adalah gagasan mengenai dua jenis gender dan orientasi seksual yang spesifik. Situs yang sama menambahkan catatan bahwa skoliosexual tidak mendeskripsikan secara umum ketertarikan alat kelamin tertentu atau tanda lahir tapi ada bentuk yang lebih inklusif.

11. Hubungan Queerplatonic
Hubungan ini adalah hubungan yang tidak romantis tapi orang tersebut terlibat hubungan emosional yang sangat intens, lebih dari sekadar persahabatan.

12. Zucchini
Zucchini adalah nama untuk pasangan yang terlibat dalam hubungan queerplatonic, seperti "Dia zucchini saya."

Nah, sekarang sudah tahu kan guys, apa perbedaannya? Bagaimana menurutmu?