Brilio.net - Sayang nggak sih rasanya kalau kamu harus membuang makanan yang belum habis saat makan malam? Apalagi kalau makanan tersebut masih bisa kamu hangatkan buat dimakan lagi esok harinya.

Tindakan tersebut nggak hanya bikin kamu jadi lebih, berhemat tapi ternyata punya manfaat untuk program diet kamu lho. Sebab, zat-zat kimia yang terjadi saat makanan itu disimpan semalaman punya banyak manfaat positif.

Misalnya nih, nasi sisa kemarin justru memiliki kandungan kalori lebih sedikit dibanding nasi yang baru matang. Nasi sisa kemarin memiliki kandungan kalorinya 60 persen lebih sedikit dibandingkan dengan nasi yang baru matang. Sehingga 100 gram nasi yang tadinya memiliki 130 kalori akan turun drastis hanya 52 kalori.

Tapi, untuk bisa mengonsumsi nasi kemarin yang layak makan, sebelumnya kamu harus memasaknya dengan benar. Nah, salah satu cara menanak nasi yang dianjurkan adalah menambahkan sedikit minyak kelapa (sekitar tiga persen dari beras) ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Setelah matang dan dingin, masukkan nasi ke dalam kulkas selama 12 jam untuk mengurangi sejumlah besar kalori di dalamnya.

Jika nasi yang baru matang langsung dimakan, pati akan diubah menjadi gula atau glukosa oleh tubuh. Glukosa ini jika tidak langsung dibakar akan disimpan sebagai lemak. Sementara itu, jika nasi didiamkan semalaman, pati akan diubah menjadi pati resistan yang tidak bisa dicerna tubuh. Ini berarti kalori tidak akan bertambah.

"Minyak kelapa berguna untuk menghindari nasi kemarin tidak terlalu lengket dan sepertinya bisa membantu memproduksi lebih banyak pati resistan dalam nasi sehingga semakin mengurangi jumlah kalori," kata Sam Christie, seorang ahli gizi, seperti yang dilansir dari laman Daily Mail.

Walau begitu, memanaskan kembali nasi ternyata tidak terlalu direkomendasikan. "Bakteri Bacillus cereus yang ditemukan dalam nasi bisa bertahan selama proses pemasakan. Ketika nasi sudah dingin, spora akan memperbanyak diri dan memproduksi neurotoksin yang bisa membuat sakit," kata Martin Goldberg, ahli mikrobiologi di Nottingham Trent University, seperti yang dilansir brilio.net dari laman National Geographic Indonesia (13/4).

Goldberg menyarankan, jika ingin makan nasi kemarin yang sudah dipanaskan, sebaiknya memasak dalam jumlah kecil dan segera dimasukkan dalam kulkas agar cepat dingin.