Brilio.net - Mungkin kamu bertanya-tanya apa hubungannya makan popcorn dan iklan di bioskop. Popcorn sebenarnya camilan biasa di bioskop. Akan tetapi, sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa ngemil popcorn saat nonton film di gedung bioskop bisa membuat pihak pengiklan merugi, seperti dikutip oleh brilio.net dari The Guardian, Sabtu (30/5).

Sebuah jurnal bernama Consumer Psyhcology mengatakan bahwa 'inner speech' yang hasilkan saat ngemil popcorn merupakan penyebabnya. 'Inner speech' ini semacam suara yang timbul akibat gerakan mulut menguyah saat kamu makan popcorn.

Dalam riset ini, sang peneliti melibatkan 96 orang untuk menonton film di bioskop yang diselingi dengan iklan. Separuh dari peserta tersebut diberikan popcorn gratis. Sedangkan sebagian yang lainnya hanya diberikan permen saat menonton film.

Hasilnya sangat berbeda. Orang yang ngemil popcorn tidak terpengaruh oleh iklan yang muncul. Penyebabnya adalah 'inner speech'. Saat mereka mengunyah popcorn, mereka kesulitan untuk mengucapkan nama brand saat iklan tayang.

Sang peneliti, Sascha Topolingski mengonfirmasi bahwa orang yang ngemil popcorn saat menonton film sangat kebal terhadap iklan. Bahkan dia juga berkomentar hasil riset ini bisa menjadi akhir bagi pedagang popcorn di bioskop.

Kalau kamu gimana? Sering ngemil popcorn atau permen karet aja waktu di bioskop?