Brilio.net - Saat ini, banyak cara yang bisa dilakukan oleh kaum wanita untuk bisa tampil cantik maksimal. Salah satunya adalah dengan merapikan bulu alis dengan cara dicabut. Lalu diganti dengan pensil alis bahkan tato. Tapi, tahu nggak kalau kamu sering mencabut alis ini ternyata punya efek yang berbahaya bagi kesehatanmu, lho.

Rambut alis tak hanya jadi salah satu fitur yang ikut berpengaruh saat kamu mengekspresikan emosi dan juga bahasa tubuh. Tapi bagi sebagian wanita, alis menjadi aspek penting untuk menunjang setiap penampilan. Memang, sebagian orang sudah memiliki bentuk alis yang rapi dan menarik. Tapi ada juga yang memiliki bentuk yang tak beraturan sehingga cabut alis jadi salah satu alasan untuk merapikannya.

Para ilmuwan mengatakan bahwa rambut alis berfungsi untuk membantu menjaga kelembaban yang keluar dari mata ketika seseorang berkeringat atau terkena air hujan. Meskipun alis yang dimiliki seseorang tipis, ia tetap bisa melakukan fungsinya dengan baik, seperti dikutip dari Howstuffworks, Jumat (19/6).

Tak hanya itu, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, mencabut alis juga bisa mengakibatkan sekresi hormon tiroid atau membuat hormon di dalam tubuh wanita jadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan inilah yang menyebabkan wanita sulit mengalami haid yang teratur serta memicu kegemukan dan ketegangan syaraf. Akibatnya, kamu juga akan merasa sulit tertidur di malam hari. Duh!

Apalagi kalau kamu menghilangkan alis dengan menggunakan cairan atau obat-obatan tertentu, maka kondisi kulit berisiko terkontaminasi senyawa kimia yang bisa menyebabkan iritasi atau malah memicu timbulnya jerawat hingga parasit.

Sebagian besar ilmuwan percaya kalau ada seseorang yang dilahirkan tanpa memiliki alis, biasanya dia akan memiliki bulu mata yang tebal atau tulang tengkorak di atas mata yang agak menonjol, sehingga tetap bisa melindungi mata dari keringat atau air hujan.

Dengan demikian, sebaiknya kamu tetap mempertahankan alismu, ya. Kalau kamu memang ingin merapikannya, cukup hilangkan beberapa helai rambut alis saja. Cantik alami dan tetap sehat, kenapa nggak?

BACA JUGA:

Biar nggak dehidrasi, kamu mesti pilih 4 makanan ini saat pancaroba

Ini 11 bahaya dehidrasi yang bisa ganggu kesehatan kamu, fatal lho!

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

Susu kedelai simpan khasiat untuk kecantikan kulit

8 Standar unik kecantikan wanita di dunia

Rahasia kecantikan 7 bintang top Hollywood yang bikin kamu heran