Brilio.net - Menyanyi itu bikin hati riang. Kalaupun nggak bikin senang, setidaknya bisa menguraikan perasaan yang ada dalam dada. Menyanyi bisa mewakili perasaan kamu masing-masing. Ngaku deh, kamu pernah spontan menyanyikan lagu favorit begitu saja, kan? Tapi bagaimana ya, rasanya menyanyi dalam kelompok besar, seperti paduan suara?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari the guardian, Rabu (23/12), sebuah penelitian baru dari Goldsmiths college, bagian dari University of London, Inggris, menguji perbandingan manfaat menyanyi dalam kelompok besar dan kecil. Para peserta merupakan anggota dari Popchoir, sebuah jaringan kelompok paduan suara kecil. Sekali waktu mereka berkumpul untuk bernyanyi dengan 232 orang kelompok paduan suara besar atau mega choir.

Dengan demikian peneliti dapat menjelaskan argumen bahwa manfaat utamanya hanya terlihat pergaulan dengan teman-teman di kelompok paduan suara kecil,  yang notabene memang sudah tahu sama lain. Akan tetapi itu tak berlaku pada anggota kelompok paduan suara besar.

Namun, dampak latihan menyanyi selama 90 menit mereka, memberikan ikatan sosial lebih besar untuk kelompok besar. Sebelum dan sesudah latihan, penyanyi juga menggunakan pemantau tekanan darah. Hasilnya menunjukkan peningkatan sampai mereka mengalami ketidaknyaman ekstrem. Ternyata menyanyi ternyata juga meningkatkan ambang nyeri mereka.

Salah satu kemungkinan di sini adalah bahwa menyanyi memfasilitasi ikatan dalam kelompok yang (cikal bakalnya) menjadi terlalu besar untuk lebih mudah dikoordinasi, memberikan mereka keuntungan bertahan saat melawan musuh. Bahkan menurut Joseph Jordania, seorang ethnomusicologist, dalam bukunya Why Do People Sing? menyatakan bahwa bisa jadi nenek moyang kita berubah bernyanyi lebih keras untuk menjadikannya sebagai bagian sistem pertahanan diri terhadap predator.

"Mereka menggunakan suara, irama menyanyi dan teriakan, gerakan tubuh mengancam untuk menakuti musuh," ujarnya. Jordania menyebutnya hampir mirip tarian haka atau tari perang suku Maori dari Selandia Baru. Mau tahu seperti apa tarian ini? Cek video berikut:

Setiap orang yang menyanyi dalam paduan suara telah mengetahui bahwa mereka bernyanyi lebih dari tentang bergaul bersama kawan. Kelompok paduan suara adalah sempurna ketimbang sendiri-sendiri. Maksudnya adalah saat orang bernyanyi sendiri, mereka punya karakternya masing-masing, ada yang bernada rendah, bernada tinggi, dan macam-macam. Nah, kalau mereka bernyanyi dalam kelompok, suara mereka terdengar jauh lebih baik. Intinya, sesuatu dapat bekerja kalau berada dalam kelompok besar, bukan dilakukan sendiri-sendiri.

Jadi, kamu mau nyanyi sendirian atau tergabung dalam paduan suara, guys?