Brilio.net - Foto ternyata bukan hanya sekadar foto lho, guys. Faktanya, cara kamu mengambil foto, terutama foto selfie, bisa menunjukkan kepribadian kamu. Cara di sini meliputi pose yang kamu buat, lokasi pengambilan gambar, bahkan sudut dari mana kamu mengambil foto.

"Kami mengidentifikasi isyarat pada selfie terkait dengan jenis kepribadian agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness," ujar peneliti dari Nanyang Technological University Singapura, dilansir brilio.net dari laman Daily Mail, Senin (6/7).

Psikolog dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa tipe agreeableness menunjukkan orang bersangkutan cenderung kooperatif dan penuh kasih, sedangkan tipe conscientiousness cenderung lebih terorganisir, disiplin, dan dapat diandalkan.

Lain cerita dengan tipe neuroticism yang cenderung mengalami emosi tidak menyenangkan, misalnya kecemasan dan kemarahan. Hal ini menunjukkan ukuran stabilitas emosional. Sementara itu tipe openness adalah orang yang bersedia mencoba hal-hal baru, penuh rasa ingin tahu, dan imajinatif.

Selanjutnya, penelitian diberlakukan kepada lebih dari 600 pengguna situs jejaring sosial Weibo (semacam Twitter di China) untuk menjawab kuesioner kepribadian secara rinci.

Loading...

Menurut salah seorang peneliti yang menuliskan hasil penelitian ini di jurnal Computers in Human Behaviour, jawaban partisipan menunjukkan korelasi dengan penelitian. Misalnya saja keramahan identik dengan emosi positif, yaitu tersenyum di foto.

Selain cara berekspresi wajah, karakter seseorang dari cara selfie juga dilihat dari ketinggian kamera saat digunakan. Individu yang menyenangkan lebih mungkin mengambil gambar dari bawah.

Bicara soal lokasi pengambilan foto selfie, maka tipe conscientiousness, mereka akan mengambil gambar di lokasi yang pribadi. Mereka menghindari selfie di tempat umum. Pasalnya mereka memang lebih teliti dengan ruang pribadi mereka. Sebaliknya bagi mereka tipe tidak mau mengekspos segala hal tentang privasi, akan teliti menghindari berfoto dengan latar belakang area privasi.

Untuk tipe neuroticism dikaitkan dengan duck face (memajukan bibir supaya terkesan bibir tebal dan cemberut).

Sementara itu untuk tipe openness, akan suka keterbukaan. Maksudnya, mereka akan menunjukkan emosi positif saat berfoto, misalnya tersenyum.

Lebih lanjut para peneliti menyatakan bahwa selfie dapat mengungkap kepribadian seseorang karena kendali kamera ada di diri orang tersebut. "Dibandingkan jenis foto lain, selfie memberikan seseorang kebebasan untuk memotret wajah, mengekspresikan emosinya, bahkan menggali posisi yang tepat dari kamera itu sendiri," ungkap mereka.

Perlu kamu tahu, untuk menimpali topik cara kita berselfie, aktris hollywood seperti Kim Kardashian sampai mengeluarkan buku tentang selfie berjudul 'Selfish' lho. Kata 'selfie' sendiri kini telah masuk kamus Oxford English Dictionary pada tahun 2013.

BACA JUGA BERITA TERKAIT KEPRIBADIAN MANUSIA YANG PERLU KAMU TAHU:

Cari tahu kepribadianmu dari cara kamu mandi

4 Senyuman ini bisa mengungkap bagaimana sebenarnya kepribadian kamu

Menguak kepribadian dari warna mata kamu

7 Bentuk hidung ini bisa 'membongkar' bagaimana kepribadian kamu

Intip kepribadian pria lewat pemilihan celana dalamnya

Intip kepribadianmu lewat kamar kosan

Kepribadian kamu ternyata juga bisa dicermati dari bentuk kaki

BACA JUGA:

Media sosial terbukti bisa bantu hentikan kebiasaan merokok

Ini perbedaan cowok dan cewek dalam hal membalas email

Sejarah nyanyian dan tarian di film India, pernah 7 lagu di satu film

Inilah asal usul kenapa huruf pada keyboard tidak urut abjad!

Ada yang aneh di foto yang sangat indah ini

Jangan pernah panaskan kembali 6 makanan ini, tak baik bagi kesehatan