Brilio.net - Siapa yang tidak tergoda dengan keindahan ikan koi?. Ikan koi memang indah, sisiknya yang berwarna warni dan bentuk tubuhnya yang menggemaskan, membuat ikan ini banyak dicari orang.

Meskipun ikan koi ini bibitnya awalnya berasal dari daratan China lalu menyebar ke Jepang, namun kini banyak dibudidayakan di dalam negeri. Dari negara asalnya Jepang, koi memiliki 174 jenis, namun yang dikenal hanya beberapa saja. Koi merupakan ikan kolam, keindahannya hanya akan terlihat bila berada di kolam dan dilihat dari atas.

Pecinta koi sebaiknya memperhatikan beberapa aspek ini dalam memeliharanya. Hal ini diungkapakan ketua Jogja Koi Club, Suryo jatmiko (45).

1. Sepenuh hati
Hobi memelihara ikan koi harus sepenuh hati, tidak boleh asal-asalan, harus sepenuh hati karena bukan hanya sebagai hobi, memelihara koi juga bagian dari seni.

2. Kualitas air
Memeriksa kualitas air hal yang harus diperhatikan, jika tidak air bisa terkontaminasi kotoran, sisa pakan dan kotoran ikan itu sendiri.

3. Jangan terlalu nafsu memberi makan
Terlalu banyak memberi makan bisa menyebabkan banyaknya pakan yang tidak termakan. Sisa makanan ini akan mengotori air sehingga menyebabkan tercemarnya kualitas air tersebut dan menjadi racun bagi ikan tersebut.

4. Jaga kesterilan kolam
Teracuni dalam arti umumnya keberadaan kolam yang steril dari kemungkinan mudahnya kotoran yang bisa membuat air kolam menjadi tidak baik.

5. Pantau
Tidak ada salahnya memantau pakan, air dan kualitas kolam di waktu senggang, hal tersebut demi sesuatu yang buruk terjadi dan tidak diharapkan pada waktu-waktu yang tak tertentu.