Brilio.net - Terkadang orang mendengkur atau mengorok saat tidur, tentu saja mereka tak menyadari kebiasaannya itu. Mendengkur selain mengganggu orang lain, bisa bikin tidur kamu nggak nyenyak, lho.

Dengkur adalah akibat dari getaran dalam saluran pernapasanmu. Pada kebanyakan orang, puncak mendengkur terjadi selama tidur dalam fase Rapid Eye Movement (REM/ fase tidur orang mengalami mimpi), seakan ada benda menyumbat sebagian besar saluran pernapasanmu. Namun begitu, banyak orang nggak peduli terhadap persoalan mendengkur sebab dianggap normal-normal saja. Tapi jelas nggak banget kan, guys, kalau tidur di dekat orang yang mengorok?

Nah, kira-kira apa sih penyebab seseorang mendengkur saat tidur? Ada 5 penyebab orang mendengkur saat tidu, sebagaimana dilansir brilio.net dari EL CREMA, Jumat (6/11):

1. Alkohol

Asupan minuman beralkohol berlebihan dapat menyebabkan kamu tidur mendengkur dan bisa mengalami sleep apnea (gangguan tidur yang disebabkan jeda napas akibat saluran napas tertutup sehingga tidak ada udara yang mencapai paru-paru). Hal ini terjadi karena otot-otot tubuh jauh lebih rileks dan menyebabkan penyempitan saluran pernapasan ketika berada di bawah pengaruh alkohol. Minum-minuman beralkohol pada tengah malam atau tak berselang lama dengan waktu tidur juga dapat memicu kamu mendengkur saat tidur.

Loading...

2. Tidur di udara terlampau dingin

Paparan dingin tak hanya membuatmu flu, tapi juga bisa menyebabkan kamu mendengkur saat tidur. Semakin terpapar udara dingin, semakin besar kemungkinan saluran pernapasanmu terhambat atau hidung tersumbat sehingga akhirnya mengorok.

3. Merokok

Merokok bisa menyebabkan kamu mengorok saat tidur. Kebiasaan menghisap asap tembakau ini bisa mengiritasi lapisan saluran pernapasan kamu, sehingga bisa membengkak dan mempersempit saluran pernapasan. Akibatnya kamu mendengkur.

4. Kurang olahraga

Kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan kemungkinan mengorok saat tidur. Hal ini disebabkan jaringan lemak bisa membatasi saluran pernapasan kamu. Kurangnya olahraga dapat berkontribusi membangun jaringan lemak tersebut sehingga meningkatkan kemungkinan menghambat pernapasan kamu, termasuk saat tidur.

5. Posisi tidur salah

Posisi tidur yang salah akan menyebabkan otot-otot lebih rileks namun pada gilirannya menyebabkan mendengkur. Tidur telentang adalah salah satu posisi tidur yang dapat menyebabkan mendengkur sebab posisi ini membuat otot lebih santai.