Brilio.net - Anugerah manusia salah satunya jatuh cinta dan berpasangan. Dengan berpasangan, kamu dan pacar saling berbagi perasaan. Nah, lantas bagaimana dengan jomblo?

Menjadi jomblo bukan berarti nggak pernah merasakan jatuh cinta. Para jomblowan dan jomblowati juga punya hati yang mampu merasakan cinta. Bisa saja cinta itu untuk gebetan, keluarga, teman, dan orang-orang di sekelilingnya. Namun sayangnya, jomblo seakan menjadi 'aib' dan sering menjadi bahan olok-olokan orang banyak. Padahal, kamu perlu bersyukur menjadi jomblo, lho. Nggak percaya?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari bustle, Kamis (31/12), berikut penjelasan enaknya jadi jomblo:

1. Lebih baik jomblo ketimbang sama orang yang salah

Loading...

Jangan takut jadi jomblo, ini 8 alasan enaknya (masih) sendiri

foto: giphy.com

Walaupun kutipan ini sudah sering kamu dengar, tapi nggak ada salahnya kamu tanamkan dalam pemikiranmu. Nggak usah buru-buru menjalin hubungan lagi kalau kamu nggak yakin dia baik. Salah-salah kamu sendiri yang sakit hati lagi karena salah memilih orang.

2. Jomblo bisa meluangkan banyak waktu sama teman-teman

Jangan takut jadi jomblo, ini 8 alasan enaknya (masih) sendirifoto: giphy.com

Mungkin teman sepantaranmu sudah banyak menikah, dan kamu merasa kesepian karenanya. Tapi bukankah teman itu banyak lingkupnya? Jangan terpaku pada satu lingkungan. Kemudian, kalau teman-temanmu yang sudah menikah sedang suntuk dengan keluarganya, pasti baliknya ke kamu lagi, deh. Kalian bisa seru-seruan bareng.

3. Lebih fokus sama pekerjaan

Jangan takut jadi jomblo, ini 8 alasan enaknya (masih) sendirifoto: giphy.com

Dengan masih sendiri, membuat kamu fokus sama pekerjaanmu. Kamu bisa lebih mengerahkan energi untuk berkarya.

4. Melatih kesabaran menemukan orang berharga

Bersabarlah dengan sesuatu yang berharga. Sesuatu yang berharga itu datangnya butuh waktu dan usaha besar. Sama halnya kalau kamu mau mendapatkan pasangan yang baik, maka kamu harus bersabar. Bersabar bukan berarti duduk diam berpangku tangan, namun sabar mengendalikan diri untuk nggak buru-buru berkekasih padahal nggak sreg, sabar memperbaiki diri, sabar untuk berdoa pada Tuhan supaya jodohmu didekatkan. Kesabaran itu selalu berbuah manis. Coba deh, sejenak dengerin lagunya Letto di atas.

5. Fase jomblo bikin kamu jadi kekasih hebat

Jangan takut jadi jomblo, ini 8 alasan enaknya (masih) sendirifoto: giphy.com

Terbiasa jomblo berarti membuatmu tangguh dan mandiri. Pasalnya, kamu sudah terbiasa melakukan semuanya sendiri. Sehingga nanti saat kamu berpasangan, pasanganmu bisa mengandalkan kamu. Kamu jadi nggak bergantung atau manja sama dia.

6. Jomblo tetap bisa hepi

Jangan takut jadi jomblo, ini 8 alasan enaknya (masih) sendiri

foto: giphy.com

Siapa bilang jadi jomblo itu ngenes? Sekali waktu kamu mungkin sedih karena saat yang lain beromantis ria sama pacar, kamu malah sendirian. Tapi bukankah jomblo membuatmu bisa melakukan banyak hal yang kamu kehendaki.

Kamu juga bisa bergaul dengan siapa saja dan kapan saja. Malah, kamu bisa tebar pesona ke banyak lawan jenis tanpa ada yang menceramahi, apalagi memarahi. Kalau punya pacar kan, biasanya dilarang ini dan itu, plus kudu laporan 24 jam dalam 7 hari kamu lagi ngapain aja. Satpam aja nggak begitu-begitu amat. Betul, nggak?

7. Kencan itu buang-buang waktu

Jangan takut jadi jomblo, ini 8 alasan enaknya (masih) sendirifoto: giphy.com

Selain buang-buang waktu, kencan itu juga bisa ngabisin duit. Beli ini-itu, belum lagi kalau pacar maunya patungan. Wah, ngambil jatah bulanan kamu, dong? Terus waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk spa atau piknik, eh, kepotong karena dia minta kencan. Capai, deh!

8. Melakukan sesuatu sendiri itu benar-benar menggembirakan

Jangan takut jadi jomblo, ini 8 alasan enaknya (masih) sendiri

foto: giphy.com

Terkadang ada aktivitas yang lebih nyaman dilakukan sendiri, tanpa orang lain bahkan kekasih sekalipun. Soalnya, kalau sama orang lain tambah justru ribet. Nah, enaknya jadi jomblo adalah nggak ada yang ngeribetin kamu melakukan sesuatu itu. Mau solo traveling, oke. Mau belanja sendiri, ayo. Mau makan di meja besar sendiri, boleh aja.

Nah, kurang enak apa jadi jomblo? Tapi eits... artikel ini nggak menyarankan kamu untuk jadi jomblo seumur hidup, lho. Setiap orang tercipta untuk berpasangan. Maka, jatuh cintalah pada orang dan waktu yang tepat. Cintai dia dengan cara yang tepat. Nggak usah minder dengan omongan orang. Cinta itu masalah hati, dan hati itu kamu yang memiliki, bukan orang lain. Percayalah bahwa Tuhan sudah menciptakan belahan jiwamu. Jangan takut jadi jomblo!