Brilio.net - Siapa yang tidak tahu cuka? Cuka merupakan senyawa kimia asam organik yang dikenal sebagai pemberi rasa asam dan aroma dalam makanan.

Nah, apakah fungsinya hanya itu? Oh, tentu tidak.

Dikutip brilio.net dari laman huffingtonpost.com, Kamis (7/5), berikut manfaat cuka lainnya yang patut kamu ketahui:

1. Conditioner rambut

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Ketika kamu kehabisan conditioner rambut setelah keramas, tidak perlu khawatir. Kamu cukup mencampur satu sendok makan cuka dengan secangkir air dalam botol semprot yang bersih. Kocoklah lalu semprotkanlah ke seluruh rambut basahmu. Pijat pelan lalu biarkan selama 1-2 menit, lalu bilaslah. Rambutmu akan halus dan tidak akan berbau cuka.

2. Menyegarkan cucian pakaianmu

Ketika kamu merasa pakaian yang sudah kamu cuci masih bau apak, ada baiknya kamu memasukkan kembali ke mesin cuci dan tambahkan secangkir cuka. Biarkan terendam atau tercuci seperti kamu mencuci dengan detergen, dalam satu siklus cucian mesin cuci. Setelah itu ulangi dengan mencampur setengah baking soda ke dalam campuran air cuka tadi. Setelah itu baru keringkan seperti biasa.

3. Menyegarkan sayuran yang layu

Cuka dapat menyegarkan daun sayuran yang layu, misalnya saja selada. Kamu hanya cukup merendam selada dalam mangkuk dengan air dingin dan sedikit cuka selama 10 (sepuluh) menit. Lantas, bilaslah.

4. Penangkal semut

Kamu tidak perlu menabur tepung atau merica untuk mengusir semut, yang justru bikin kotor sudut-sudut rumahmu. Semprotkan saja cuka pada celah-celah yang mungkin menjadi tempat merangkak atau sarang semut. Tips ini akan mengusir semut dari rumahmu.

5. Membersihkan lubang saluran air

Kamu cukup menyiapkan cuka dan baking soda. Tuangkan secangkir baking soda ke lubang saluran air, disusul cuka, biarkan selama lima menit. Lantas, guyurlah dengan delapan gelas air panas.

6. Membunuh gulma

Kalau kamu tidak mau menyemprot tanamanmu dengan pestisida yang mengandung bahan kimia, kamu bisa menyemprotnya dengan cuka. Keasaman cuka akan membunuh gulma lebih cepat. Atau, jika gulmanya lebih besar, lebih baik kamu mencabutnya dari akarnya.

7. Mengusir bau tak sedap

Kalau kamu ingin menghilangkan bau ikan goreng di dapur, kamu bisa menuangkan cuka ke dalam mangkuk kecil. Tinggalkan pada sudut dapur untuk menyerap bau tidak sedap tersebut.

8. Membuat perkakas kaca bersinar

Saat perkakas kacamu berdebu, kamu bisa membersihkannya sekaligus membuatnya semakin gemerlap. Campur cuka dalam air hangat plus 1-2 tetes cairan pencuci piring. Kamu bisa membilas perkakas kacamu dengan campuran cairan tersebut lalu mengeringkannya dengan kain microfiber.

9. Membersihkan bakteri dari buah dan sayuran

Daripada menggunakan sabun antibakteri atau hanya mencuci buah dan sayuran menggunakan air biasa, lebih baik gunakan cuka. Cuka efektif membersihkan buah dan sayuran. Cukup semprotkan secangkir cuka yang telah dicampur dengan 3 (tiga) gelas air ke setiap buah dan sayuran sebanyak enam kali. Lantas, bilas sebelum kamu makan atau olah.

10. Membersihkan noda pada baju

Untuk melakukannya, kamu harus merendam terlebih dahulu pakaian kotor tersebut ke dalam campuran air dan cuka dengan perbandingan 50:50, selama 20 menit. Lalu, cucilah pakaian tersebut bersama dengan pakaian lain yang tidak terkena noda. Namun perlu diingat, kendati cuka tidak akan membuat pudar warna pakaian, tapi cara ini hanya berlaku 100% pada pakaian berbahan katun.