Brilio.net - Apa kamu pernah berjuang untuk bangun dari tempat tidur dan rasanya malas untuk melakukan apapun? Terus merasa letih seperti nggak bertenaga sepanjang hari? Kalau iya, kamu nggak sendirian. Karena setidaknya satu dari lima orang pernah mengalami hal tersebut.

Meski banyak orang yang mengalami selalu merasa lelah tapi hanya sedikit yang mau mengkonsultasikannya pada dokter. Mereka beranggapan bahwa kelelahan terjadi karena banyaknya kegiatan yang dilakukan. Padahal, seringkali kelelahan dapat disebabkan oleh masalah gaya hidup.

Belakangan ini anak-anak muda juga lagi dapat tren istilah baru, semacam 'Mungkin dia lelah', 'Mungkin kamu lelah'. Ya kan?

Para ahli mengungkapkan tujuh alasan mengapa manusia merasa selalu lelah, seperti dilansir brilio.net dari Daily Mail, Selasa (21/4):

1. Kamu adalah seorang perfeksionis

Istilah 'mungkin kamu lelah' ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho

Menjadi seorang yang perfeksionis ternyata juga bisa menyita banyak energi. Orang perfeksionis lebih banyak menghabiskan energi karena selalu merasa khawatir dan terlalu memikirkan keputusan yang akan diambil.

Irena Levina dari New York University Langone School of Medicine mengungkapkan, "Orang yang perfeksionis cenderung selalu khawatir tentang apapun. Mereka akan khawatir apa yang dilakukan benar atau tidak, baik atau tidak, terus menebak-nebak sendiri hal-hal yang belum terjadi."

2. Terlalu banyak minum kopi

Istilah 'mungkin kamu lelah' ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho

Kafein adalah bahan stimulan yang ketika diminum akan memproduksi hormon yang menyebabkan stres dan kartisol. Satu cangkir kopi atau teh dapat membuat seseorang menjadi lebih bertenaga. Namun pada saat yang sama, mereka kehilangan cukup banyak energi sehingga mudah lelah.

3. Terlalu banyak makan

Istilah 'mungkin kamu lelah' ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho

Pasta, roti, dan nasi, serta biskuit, cokelat dan keripik akan menyebabkan gula darah meningkat jika dikonsumsi secara berlebih. Ketika gula darah meningkat, maka kamu akan merasa lelah bahkan terlihat murung dan mudah tersinggung.

Untuk menghindarinya, makanlah makanan yang rendah gula. Makan sedikit tapi sering juga akan membuat gula darah lebih stabil dan tingkat energi yang konstan sehingga bisa mencegah kelelahan. Selain itu yang terpenting tidak terburu-buru saat makan dan perbanyak makan buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi.

4. Kesulitan tidur saat datang bulan

Istilah 'mungkin kamu lelah' ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho

Buat kamu para wanita nih, pernah merasa nggak kalau pola tidur saat menstruasi datang kerap berubah-ubah? Kamu akan merasa kesulitan saat ingin tidur, dan menyebabkan kelelahan menghampiri. Menurut sebuah studi memang banyak wanita yang akan mengalami kesulitan tidur pada berbagai titik dalam siklus menstruasi.

Biasanya seorang wanita hanya akan berguling-guling saat malam hari dan merasa ngantuk di di siang hari pada fase luteal atau pre-menstrual siklus (11 hari sebelum menstruasi). Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi atau rendahnya kadar hormon melatonin atau hormon tidur. Ada juga bukti bahwa beberapa wanita mengalami gangguan tidur yang lebih parah seperti seperti insomnia, hypersomnia, dan parasomnia.

5. Kekurangan protein

Istilah 'mungkin kamu lelah' ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho

Banyak orang kekurangan energi dan selalu merasa letih terutama beberapa jam setelah makan siang sebelum makan malam. Ada kemungkinan mereka kekurangan protein.

"Jika kamu tidak mencukupi asupan protein dalam makananmu, maka akan mempengaruhi tenaga. Dibutuhkan lebih banyak waktu untuk protein yang dipecah dalam tubuh sehingga energi yang dilepaskan lebih lambat dan kamu akan mempunyai tenaga lebih lama," ujar Nicola Shubrook dari Urban Wellness Clinic di London.

Sumber makanan mengandung protein bisa kamu temukan dalam daging, ikan, keju, tahu, kacang-kacangan, yogurt, dan biji-bijian.

6. Mengidap diabetes tipe 2

Istilah 'mungkin kamu lelah' ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho

Kelelahan berlebihan yang disertai dengan masalah penglihatan, rasa haus secara terus-menerus dan sering buang air kecil bisa menjadi tanda kalau kamu mengidap diabetes tipe 2.

Hal ini terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk berfungsi dengan baik, atau sel-sel tubuh tidak bereaksi terhadap insulin, yang dikenal sebagai resistensi insulin. Sehingga tubuh manusia tidak dalam keadaan terbaiknya.

Untuk pengobatan diabetes tipe 2 bisa dilakukan dengan olahraga teratur, diet sehat dan kadang-kadang obat-obatan untuk mencegah kadar gula darah tinggi.

7. Level testosteron rendah

Istilah 'mungkin kamu lelah' ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho

Sebagai pria, kelelahan bisa dihubungkan dengan kurangnya tingkat testosteron dalam tubuhnya. Cirinya seperti kebotakan, kesulitan berkonsentrasi, dan menurunnya libido. Akibatnya, massa otot ikut berkurang sehingga tubuh selalu merasa lelah.

Level testosteron yang rendah disebabkan oleh kondisi yang dikenal sebagai hipogonadisme, mempengaruhi sekitar lima dari 1.000 pria. Penyebabnya tidak diketahui dengan pasti, meskipun bisa saja terjadi karena masalah genetik.

Nah, tetap semangat dan jaga kesehatan ya guys. Biar kamu nggak gampang lelah.