Brilio.net - Kamu termasuk salah satu yang berkulit pucat dan ingin mendapatkan kulit yang glowing dan eksotis? Cara untuk memiliki kulit eksotis adalah tanning. Tanning adalah proses pencoklatan kulit yang biasa dilakukan oleh orang berkulit putih agar kelihatan menarik.

Namun, tanning tak bisa sembarangan dilakukan lho, ladies. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan proses tanning, seperti yang telah dihimpun brilio.net dari bustle, Minggu (31/1).

1. Eksfoliasi secara konsisten

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit foto: sunspala.com

Untuk mendapatkan hasil yang baik, kamu harus melalui proses yang bernama eksfoliasi atau pengelupaskan kulit untuk menghilangkan sel-sel mati yang dapat menyebabkan pola.

2. Kulit tetap terhidrasi

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit foto: suntan-onthego.com

Eksfoliasi dapat mengangkat sel kulit mati, tetapi kekeringan perlu dilawan dengan pelembab. Beri pelembab khusus untuk siku, lutut, dan tumit, karena keduanya cenderung mudah kering

3. Bercukur terlebih dahulu

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit

foto: reactniagara.ca

Sebelum melakukan proses tanning, pastikan kamu bercukur terlebih dahulu agar warna yang dihasilkan di kulitmu nantinya tahan lama dan tak mudah kembali ke warna asli.

4. Jangan menggunakan deodoran

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit

foto: kidshealth.org

Apabila kamu tetap menggunakan deodoran saat tanning, bisa jadi deodoran itu akan mengubah warna kulitmu menjadi hijau. Nah, bersihkan sisa deodoran di tubuh kamu dengan lap basah.

5. Gunakan sedikitnya SPF 30 tetika tanning outdoor

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit foto: hellomagazine.com

Untuk menghindari kerutan dini dan kulit yang terbakar saat tanning, membuat, setidaknya pakai SPF 30 setiap kali kamu melangkah keluar ke sinar matahari.

6. Perhatikan waktu

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit foto: coolasuncare.com

Sinar matahari yang paling berbahaya adalah pukul 11:00-16:00, usahakan untuk tanning di pagi hari saja ya, ladies.

7. Lindungi bibirmu

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit

foto: dailymail.co.uk

Sama seperti bagian tubuhmu yang lain, bibir kamu dapat terbakar jika mereka mendapatkan terlalu banyak sinar matahari! Bibir yang terbakar sinar matahari dapat menjadi seperti bibir pecah-pecah.

8. Lindungi kulit kepalamu

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit

foto: groupon.co.in

Tempat lain yang penting untuk mendapat perlindungan adalah kulit kepalamu. Semprot rambut, kulit kepala, dan telinga dengan semprotan SPF untuk memastikan rambutmu tidak mendapatkan paparan sinar matahari langsung.

9. Kenakan sarung tangan

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit foto: polistas.com

Gunakan sarung tangan berbahan lateks untuk menghindari potensi gangguan jika telapak tanganmu sudah berwarna oranye atau telah self-tanning.

10. Lindungi alis kamu dari proses tanning

Ini yang harus kamu tahu sebelum memutuskan menghitamkan kulit foto: belles-boutique.blogspot.com

Untuk menghindari efek yang buruk di alis kamu selama spray tan, tambahkan tabir surya di alis terlebih dahulu. Tabir surya akan bertindak sebagai perisai sehingga alis kamu tidak berubah warna menjadi oranye perunggu.