×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini makna sayuran dan lauk yang sering disajikan pada nasi tumpeng

View Image

0

BRILIO » Life

Ini makna sayuran dan lauk yang sering disajikan pada nasi tumpeng

Seperti kacang panjang, sayur ini dimaknai bahwa manusia haru mempunyai visi jangka panjang.

17 / 06 / 2015

Brilio.net - Di budaya Indonesia, nasi tumpeng istimewa. Banyak acara syukuran seperti pembukaan bisnis atau ulang tahun menggunakan nasi tumpeng. Bahkan acara potong tumpeng pun menjadi begitu spesial.

Tapi tahukah kamu makna menu pelangkap tumpeng? Berikut adala arti dari lauk-pauk dan sayuran yang sering disajikan pada tumpeng dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (16/6).

Sebelum membahas menu pelengkap pada nasi tumpeng, ada baiknya tahu dulu mengapa bentuk tumpeng seperti kerucut. Bentuk tersebut disamakan dengan bentuk gunung yang digunakan tempat semayamnya dewa-dewi. Artinya gunung merupakan tempat suci.

Dalam sebuah nasi tumpeng, banyak lauk dan sayuran yang dijadikan patokan pakemnya. Pertama adalah nasi. Bentuk nasi memang sengaja dikerucutkan, hal ini diharapkan bahwa kehidupan kita semakin tinggi atau naik.

Ayam utuh juga tidak ketinggalan dalam sajian menu tumpeng. Ingkung ayam merupakan simbol ketenangan hati karena lauk yang disajikan ini sering diartikan sebagai simbol menyembah Tuhan. Menu lainnya adalah ikan teri. Olahan ini dimaksudkan bahwa kerukunan dan kerja sama karena ikan teri merupakan makhluk yang lemah dan kecil.

Loading...

Tidak hanya ikan dan ayam, telur juga menghiasi nasi tumpeng. Seharusnya telur disajikan dengan utuh tanpa dikupas. Hal ini melambangkan bahwa kehidupan harus direncanakan karena untuk makan telur kulitnya harus dikupas terlebih dahulu seperti lapisan telur mulai dari kulit hingga kuning telur.

Dalam satu nampan nasi tumpeng, banyak sekali jenis sayurannya. Seperti kacang panjang, sayur ini dimaknai bahwa manusia haru mempunyai visi jangka panjang. Untuk taoge, sayur ini melambangkan kreativitas untuk selalu berkembang.

Bahkan cabe merah dalam di pucuk tumpeng juga mempunyai arti bukan sekedar hiasan saja. Cabe merah melambangkan api sebagai sumber penerangan atau teladan

Tidak lengkap sebuah tumpeng tanpa adanya sayur urap. Sayuran ini dimaknai bahwa setiap orang harus mampu menafkahi keluarga.

Selain urapan, sayuran juga dilengkapi dengan bawang merah. Bawang merang goreng melambangkan bahwa sesuatu harus dipikirkan secara matang.

Ternyata tumpeng tidak hanya gurih dan nikmat, tetapi juga kaya dengan makna filosofi.

BACA JUGA:

Memakan nasi sisa hari kemarin ternyata berkhasiat untuk diet

Minum teh setelah makan, baik atau buruk untuk kesehatan?

5 Olahraga yang bisa dilakukan di kantor

Riset membuktikan orang yang paling sehat lahir di bulan Mei

VIDEO: Einstein menari hebohkan pengguna Facebook

Mau dietmu sukses? Kamu harus makan 6 kali sehari

Nggak bikin langsing, minuman diet soda malah bikin melar

Lagi diet? Coba 5 makanan ini, dijamin bikin kamu nggak cepat lapar

 




Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more