Brilio.net - Kamu suka belanja kebutuhan sehari-hari, terutama makanan atau minuman? Pernah memperhatikan label tanggal penggunaan di kemasannya?

Nah, seperti dikutip brilio.net dari laman Daily Mail, Rabu (20/8), para pembeli atau konsumen perlu tahu tentang konsep label tanggal penggunaan makanan atau minuman. Menurut National Health Service (NHS) Inggris, konsumen perlu memahami maksud label "use by date" dan "best before date".

1. Use by date (tanggal digunakan dengan)

Ini jenis & arti label tanggal penggunaan pada kemasan makanan

a. Kamu akan menemukan label ini pada makanan yang cepat basi, misalnya saja ikan asap, produk daging, dan salad siap konsumsi.

b. Jangan menggunakan makanan atau minuman setelah akhir tanggal "use by", bahkan jika makanan atau minuman itu terlihat dan baunya masih bagus. Hal ini bisa berisiko pada kesehatanmu.

c. Dalam mengonsumsi produk makanan atau minuman yang berlabel "use by", kamu wajib mengikuti petunjuk penyimpanan, misalnya "simpan dalam lemari es". Kalau kamu tidak menyimpannya di lemari es, maka makanan atau minuman itu akan lebih cepat rusak dan kamu bisa berisiko keracunan.

d. Ketika sudah membuka kemasan makanan atau minuman dengan label "use by", kamu juga wajib memperhatikan instruksi kembali. Kalau dalam instruksi menyebutkan harus kamu makan dalam tiga hari pembukaan, segera habiskan dalam jangka waktu itu.

e. Tapi selalu ingat bahwa jika instruksi dari makanan atau minuman berlabel "use by" menyatakan harus dihabiskan besoknya, pastikan kamu juga melakukannya, walaupun ada keterangan lain dalam kemasan "dapat dimakan dalam satu minggu pembukaan" dan kamu membukanya tepat hari ini.

f. Sekalipun makanan atau minuman dapat dibekukan melampaui tangal "use by", tapi kamu wajib selalu mengikuti instruksi yang tertera dalam kemasan, misalnya "jangan dimasak dalam kondisi beku" atau "lelehkan secara menyeluruh sebelum digunakan dan gunakan dalam waktu 24 jam".

2. Best before date (tanggal baik digunakan sebelum)

Ini jenis & arti label tanggal penggunaan pada kemasan makanan

a. Label "best before" akan kamu temukan pada makanan atau minuman yang beku, kering, kaleng, dan makanan lainnya.

b. Label ini mengarah pada kualitas, bukan keselamatan atau keamanan dalam pengonsumsian. Jadi, ketika tanggal sudah lewat, tidak berarti makanan atau minuman berbahaya, tapi mungkin mulai kehilangan rasa dan tekstur.

c. Ambil contoh adalah telur. Telur dapat dimakan setelah masa "best before" berlalu, asalkan mereka dimasak secara menyeluruh sampai bagian putih dan kuningnya padat, atau jika mereka digunakan dalam masakan seperti kue, maka harus benar-benar dimasak matang sepenuhnya.Mengapa harus memasak telur sampai matang dan padat? Sebab hal ini bisa membunuh bakteri, seperti salmonella. Hal ini akan "membantu" mereka yang mungkin dianjurkan makan telur, misalnya bayi dan balita, orang tua, wanita hamil, atau yang sedang sakit.

d. Selalu ingat bahwa makanan atau minuman dengan label "best before" hanya akan terjamin jika disimpan sesuai petunjuk pada label, misalnya "simpan di tempat yang kering dan sejuk" atau "simpan di kulkas setelah dibuka".

Nah, sekarang kamu sudah tahu. Diharapkan kamu tidak lagi keliru membaca label tanggal sehingga membuang makanan atau minuman, padahal masih bisa dikonsumsi (walau harus memperhatikan cara pengolahannya).

Ini jenis & arti label tanggal penggunaan pada kemasan makanan

Eits, ada info tambahan yaitu label "display until" (dipajang sampai) atau "sell by" (dijual dengan). Label ini biasanya tertera di samping label "use by" atau "best before". Tapi, ini bukan label untuk pembeli, melainkan wajib diketahui dan dipahami staf toko.

Well guys, cermat sebelum membeli dan jangan suka buang-buang makanan atau minuman, ya.