Brilio.net - Bau dari seorang bayi mempunyai aroma yang berbeda di hidung kita. Ketika menghirup bau ini, terasa sekali kesan naturalnya. Jadi, wajar saja ada perusahaan yang memberikan aroma ini dalam parfum maupun produk kosmetik lainnya.

Akan tetapi tahukah kamu mengapa bau bayi memiliki aroma yang istimewa dibandingkan anak kecil lainnya? Ada beberapa penyebab untuk menjawab fenomena ini, seperti dikutip oleh brilio.net dari womenshealthmag.com, Sabtu (8/5).

Berdasarkan jawaban dari seorang ahli kimia bernama George Preti, aroma bayi yang begitu harum dihasilkan dari metabolisme tubuhnya. Kelenjar keringan memproduksi bau yang begitu menggoda karena bayi hanya mengonsumsi makanan melalui saluran cerna saat di kandungan. Jika bayi mulai mengonsumsi makanan dan minuman lain, maka keringatnya akan mempunyai aroma yang berbeda. Makanya aroma bayi yang begitu spesial hanya bertahan beberapa minggu saja.

Ini alasan mengapa bau bayi begitu menggoda hidung kamu, gemes nggak?

Alasan lainnya adalah lapisan vernix caseosa pada kulit bayi. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi bayi saat masih di dalam kandungan. Lapisan ini akan diserap oleh kulit bayi pada saat baru lahir. Lapisan inilah yang dipercaya membuat aroma bayi begitu harum dan manis.

Itulah mengapa kita suka dengan bau yang dihasilkan oleh bayi. Gemes nggak sih?

Ini alasan mengapa bau bayi begitu menggoda hidung kamu, gemes nggak?

Di sisi lain, aroma bayi juga membuat seorang ibu meningkatkan ikatan antara ibu dan anaknya. Selain itu, aroma bayi juga menjadi sumber kebahagiaan dalam otak seorang ibu. Gerak-gerik bayi seperti gorakan bola mata juga sangat menarik bagi otak kita. Inilah kenapa kita sering senang sekali saat melihat seorang bayi.