Brilio.net - April Mop atau April Folls Day yang dirayakan setiap tanggal 1 April sebagai hari menjahili dan dijahili sedunia ini mungkin jadi hari yang ditunggu-tunggu semua orang setelah Hari Valentine. Yang jomblo, tolong abaikan Valentine-nya ya?

Nah, meski sejarah tradisi ini muncul dengan berbagai versi, tapi sebagian besar orang di seluruh dunia percaya bahwa tanggal 1 April ditetapkan sebagai April Mop adalah ketika terjadi penyesuaian kalender Gregorian di tahun 1500-an dimana tahun baru yang awalnya dirayakan setiap tanggal 1 April dimajukan menjadi tanggal 1 Januari. Dan mereka yang tetap merayakan tahun baru ditanggal 1 April dianggap bodoh (fool).

Nah, versi yang berbeda-beda ini juga yang bikin perayaan April Mop di setiap negara pun berbeda-beda. Ini beberapa contoh April Mop di berbagai negara, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/4):

1. Prancis
April Mop yang di Paris disebut Poisson d'Avril atau April Fish adalah tradisi anak-anak sekolah yang menempelkan gambar ikan di punggung temannya sebagai bentuk kejahilan. Mereka akan menunggu sampai sang teman tersebut mengetahui kalau sedang dijahili.

2. Iran
Di Iran, April Mop disebut Sizdah Bedar karena bertepatan dengan hari ke-13 tahun baru Persia. Biasanya jatuh pada tanggal 1 atau 2 April. Nah. pada saat itu semua orang boleh menjahili orang lain. Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 536 sebelum masehi. Setelah menjahili orang lain, mereka akan berkumpul untuk makan pada sore harinya, tertawa, dan melakukan permainan. Setelah selesai makan, masyarakat akan membuang sayuran hijau yang disebut sabzeh. Sabzeh dilambangkan sebagai kesialan dan rasa sakit yang mesti dibuang demi kehidupan baru di tahun baru yang lebih cerah ceria.

3. Skotlandia
Orang Skotlandia merayakan April Mop selama dua hari dari tanggal 1 sampai 2 April. Hari pertama yang disebut Hunt The Gowk Day dimana mereka akan meminta seseorang mengirimkan surat yang isinya meminta orang yang menerima untuk melanjutkan surat, mirip seperti surat berantai. Sedangkan hari kedua yang disebut Taily Day, adalah hari yang penuh lelucon dan salng mengejek antar teman.

4. Spanyol
April Mop di Spanyol digunakan untuk membohongi dan menjahili teman. Tapi tidak dilakukan setiap tanggal 1 April, tapi di tanggal 28 Desember. Perayaan ini disebut Holly Innocents atau biasa disebut Childermas. Tradisi ini juga dilakukan di Amerika Latin lho. Seperti yang kita tahu, mereka yang dijahili nggak boleh marah karena seperti nama harinya, mereka yang jahil disebut anak tak berdosa.

5. India
Kalau di India, April Mop dirayakan setiap tanggal 31 Maret. Perayaan ini disebut Festival Holi. Di Festival Holi ini, semua orang boleh melempar tepung warna-warni ala-ala color run, mengerjai, dan menyebarkan lelucon untuk orang lain tanpa boleh marah.

6. Portugal
April Mop bagi orang Portugal sama seperti di India, melempar tepung dan berbagi lelucon menjadi tradisi di negara ini.

7. Denmark dan Swedia
April Mop di dua negara ini tidak dirayakan pada tanggal 1 April, tetapi pada tanggal 1 Mei. Ini karena bulan April dan Mei adalah bulan-bulan dimana musim dingin berakhir, sehingga mesti disambul dengan berbagi lelucon agar lebih ceria dan bersemangat.