Brilio.net - Tubuh manusia itu memiliki organ-organ yang jumlahnya tak terhitung dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Contohnya, ginjal yang berfungsi untuk membersihkan darah dari zat-zat nggak berguna dengan cara membuangnya melalui saluran kemih. Makanya menjaga kesehatan organ satu ini wajib hukumnya, supaya racun dan kotoran nggak menumpuk di dalam tubuh.

Nah, supaya kesehatan ginjal tetap terjaga, kamu harus mengonsumsi makanan-makanan yang bisa membantunya untuk bekerja secara maksimal. Tenang! Kamu nggak mesti mengeluarkan biaya yang mahal kok. Dikutip brilio.net dari Times of India, Sabtu (8/8), berikut ini lima makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan ginjalmu.

1. Apel

Ingin punya ginjal sehat? Jangan lupa konsumsi 5 makanan ini

Ada pepatah yang bilang, "an apple a day, keeps doctor away". Nggak salah kok, apel memiliki serat dalam jumlah yang sangat tinggi, sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, serta risiko kanker, dan juga berfungsi sebagai zat antiperadangan.

Loading...

2. Kubis

Ingin punya ginjal sehat? Jangan lupa konsumsi 5 makanan ini

Mulai sekarang, jangan malas makan kubis ya? Kandungan vitamin B6, C, dan K, serta folat dan kandungan serat yang tinggi ampuh banget untuk membuang racun pada ginjal serta organ pencernaanmu.

3. Paprika merah

Ingin punya ginjal sehat? Jangan lupa konsumsi 5 makanan ini

Hayo, siapa yang selalu menyingkirkan buah sejenis cabai besar ini ke pinggiran piring saat makan di restoran? Jangan diulangi lagi ya. Paprika ternyata memiliki kandungan vitamin C dan A yang tinggi, B6, folat, serta kaya serat untuk membantu proses pencernaan. Paprika bahkan juga ampuh untuk memperkuat fungsi ginjal karena mengandung lycopene serta antioksidan yang bersifat sebagai antikanker.

4. Bawang putih

Ingin punya ginjal sehat? Jangan lupa konsumsi 5 makanan ini

Bumbu dapur ini nggak cuma berfungsi mengharumkan makanan, tapi juga ampuh untuk menyeimbangkan kadar kolesterol, serta sebagai zat antiperadangan. Bawang putih juga memiliki kandungan mineral yang juga bermanfaat bagi tubuh lho!

5. Bawang merah

Ingin punya ginjal sehat? Jangan lupa konsumsi 5 makanan ini

Saudara dekat bawang putih ini juga kudu kamu konsumsi supaya memiliki ginjal yang sehat. Kandungan flavonoid kuat bernama quercetin, nggak cuma ampuh menyehatkan jantung serta menjauhkan risiko kanker, tapi juga bisa membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dan menjaganya supaya senantiasa sehat. Wuih! Jangan sampai ketinggalan dari piringmu ya.