Brilio.net - Banyak ajang pencarian bakat yang mencari penyanyi dengan suara yang unik dan enak didengar. Akan tetapi, banyak juga para peserta yang gagal dalam audisi pertama. Entah karena kualitas suara, gaya bernyanyi, ataupun memang tidak layak untuk menjadi penyanyi. Apakah kamu merasa rendah diri untuk ikutan ajang pencarian bakat ini?

Seharusnya kamu tidak perlu minder untuk maju dalam kompetisi ajang menanyi. Jika kualitas suara kamu memang kurang bagus, kuncinya adalah latihan. Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Sabtu (29/5), setiap orang mempunyai kemampuan untuk bernyanyi dengan baik. Bahkan sang ahli juga mengatakan bahwa skill bernyanyi juga bisa dilatih dalam intentsitas yang tinggi.

Penelitian tentang kemampuan menyanyi ini sangat unik. Berdasarkan studi dari Universitas Montreal, 35% orang mampu meningkatkan kepekaan terhadap pitch. Sedangkan, beberapa orang juga harus berjuang dengan struktur pita suara dan laring. Dalam dua kasus ini, mereka bisa diatasi dengan cara cepat.

Justin Stoney, sang pelatih vokal megnatakan bahwa lingkungan dalam hal ini latihan, merupakan faktor yang tidak boleh diremehkan. Meskipun sebuah penelitian dari Journal of Medical Genetics menyebutkan bahwa talenta bermusik berasal dari bakat.

Jadi, tidak usah pesimis lagi jika kamu mempunyai suara yang pas-pasan. Kamu bisa meningkatkan kualitas suaramu dengan latihan dan latihan.