Brilio.net - Tato seringkali dibuat untuk tujuan estetika atau keindahan. Tak banyak tato di badan yang dilukis untuk tujuan fungsional. Namun alasan pembuatan tato yang dilakukan oleh gadis ini mungkin akan membuat siapa pun terenyuh mendengarnya.

Kenapa? Begini ceritanya..

Ia adalah seorang tuna rungu sebelah. Indera pendengarannya sebelah kiri tak berfungsi dengan baik, sehingga ia harus selalu mengingatkan lawan bicaranya untuk tidak berbicara di telinganya sebelah kiri.

Ia kemudian membuat tanda di belakang telinganya agar orang lain dengan mudah mengerti tanpa harus dijelaskan panjang lebar. Gadis itu membuat tato gambar speaker dengan tanda silang di belakang telinga.

"Aku rasa ini cara paling sopan untuk mengingatkan orang lain agar tidak bicara denganku di telinga sebelah kiri," ujar gadis itu, dikutip brilio.net dari jejaring sosial Imgur, Sabtu (27/2).

Kontan alasan yang disampaikan gadis itu mendapat simpati dari para netizen. "Aku akan meniru idemu!" kata seorang netizen.

BACA JUGA NANTI: Kisah menyentuh hati, pria bertato ini tobat cuma karena celengan anaknya, kenapa ya?

Namun ada pula sejumlah netizen yang mempertanyakan kenapa tidak membuat tato mikrofon saja yang dirasa lebih cocok ketimbang speaker. Jawaban gadis ini lagi-lagi bikin netizen terenyuh. Ia mengatakan kalau ia khawatir tato 'mikrofon disilang' justru membuat orang lain enggan berbicara dengannya.

"Cara bicaraku mungkin terdengar gagap, tapi aku masih sanggup berbicara," kata gadis tuna rungu itu.

Ia juga berpesan kepada orang lain yang mengalami disabilitas yang sama dengannya. "Nggak usah khawatir. Rasanya memang menyebalkan," kata dia. "Namun kamu lama-lama akan terbiasa dan ini hanyalah masalah kecil dari hidupmu yang tidak perlu kau risaukan."