Brilio.net - Main Facebook itu nyenengin banget deh. Bisa ketemu teman-teman lama atau bahkan kenalan sama orang-orang baru. Tapi yang paling bikin kesel adalah aplikasinya itu lho, lemot banget! Apalagi kalau sinyal mentok di 2G nggak bisa dapat 3G atau 4G.

Untuk menyiasatinya, mending download saja aplikasi terbaru bikinan Facebook, Facebook Lite. Seperti dikutip brilio.net dari cnn, Jumat (26/6), aplikasi ini diklaim super ringan sehingga bisa dibuka hanya sepersekian detik walaupun jaringan cuma mentok di 2G.

Nah karena kapasitas yang ringan inilah kamu jadi bisa menghemat memori smartphonemu bahkan kuota internet yang kamu gunakan juga jadi jauh lebih irit, lho. Wah keren ya? Kok bisa sih? Bisa dong! Ini karena Facebook di desain untuk optimal di jaringan 2G sehingga nggak butuh bandwidth internet yang banyak. Selain itu yang bikin Facebook Lite bisa dibuka dengan cepat karena aplikasi ini sendiri hanya berukuran sebesar 500-an megabit saja.

File sistem serta fitur-fitur yang dirasa nggak penting yang bikin aplikasinya jadi berat nggak ikut disertakan, jadi lebih kerasa enaknya deh mainan Facebook, ya kan?

Untuk pengguna di Indonesia sendiri, aplikasinya sudah bisa kamu unggah sejak resmi dirilis oleh Vijay Shankar, product manager Facebook dari San Fransisco di Jakarta, Kamis (25/6).

Sayangnya Facebook Lite untuk saat ini hanya tersedia bagi para pengguna smartphone Android. Belum diketahui apakah akan diluncurkan bagi pengguna IOS atau tidak.