Brilio.net - Pernah nggak kamu lagi di jalan, macet, dan kamu kebelet pipis? Bete kan? Tapi mau gimana lagi, biasanya sih ditahan sampai di tempat tujuan. Sebenarnya sih kamu nggak perlu bete karena ternyata sering kebelet pipis itu bikin kamu makin pinter, lho! Masa sih?

Penelitian yang menjelaskan mengenai hubungan antara kebelet pipis dengan tingkat kepintaran seseorang ini dilakukan oleh Dr Mirjan Tuk dari Univerisity of Twente. Penelitian ini melibatkan beberapa relawan yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama  diminta untuk minum air putih 7 gelas sekaligus. sedangkan yang kedua, harus meminumnya sedikit demi sedikit.

Setelah 40 menit, para relawan diminta untuk menjalani tes psikologi untuk mengukur kemampuan pengambilan keputusan. Hasilnya, orang yang kandung kemihnya penuh, cenderung menjatuhkan pilihan yang sifatnya memberi keuntungan jangka panjang.

Sedangkan yang minum sedikit demi sedikit, keputusannya memiliki manfaat yang hanya sesaat. Kenapa bisa begitu?

Ini karena pada saat kebelet pipis, orang akan menjadi sangat panik. Dalam keadaan panik, otak melepaskan hormon stres, yaitu kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini yang dipercaya mengubah kerja hipokampus, bagian otak yang mengatur daya ingat dan kemampuan seseorang.

Perubahan mekanisme kerja hipokampus ini disebut epigenetic modification yang menyebabkan susunan rantai DNA seperti diprogram ulang. Itu makanya, saat kebelet pipis, seseorang akan lebih gampang mengingat sesuatu.

Para peneliti juga menyarankan ketika minum air, kamu harus meminumnya sampai benar-benar hilang hausnya, karena ini sangat bermanfaat dalam peningkatan kinerja sel-sel otak, seperti dikutip brilio.net dari Huffingtonpost, Sabtu (25/4).