Brilio.net - Kesehatan memang harus dijaga tidak hanya dengan menerapkan pola makan saja. Banyak ahli yang menganjurkan untuk menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga. Akan tetapi, ada fakta yang mengejutkan bahwa olahraga bisa membahayakan bagi tubuh.

Berikut adalah alasan olahraga tidak baik untuk tubuh dikutip dari begreenfieldfitness.com, Minggu (29/3).

1. Olahraga menyebabkan kecanduan
Saat olahraga, tubuh kamu memproduksi hormon endorfin. Hormon ini bisa menyebabkan kamu merasakan bahagia dan menurunkan kadar kecemasan. Akan tetapi, hormon ini lebih mirip dengan morfin. Jadi jika kamu berhenti olahraga, kamu bisa merasakan stres dan cemas. Itulah kenapa olahraga membuat kamu ketagihan.

2. Tidak bagus untuk jantung
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, olahraga bisa menyebabkan jantung tidak sehat. Penelitian tersebut melibatkan 12 pelari dan pendayung dengan rata-rata berusia 57. Semua sampel dalam penelitian tersebut sudah melakukan pelatihan yang konsisten. Hasilnya menunjukkan bahwa setengah sampel tersebut menunjukkan adanya jaringan parut yang ada di jantung atau biasanya dikenal dengan fibrosis.

3. Bisa terkena body dysmorphic disorder
Kelainan ini terjadi jika seorang yang melakukan olahraga untuk memiliki tubuh sempurna. Seperti perut sixpacks, dada yang atletis, atau mengecilkan paha. Biasanya kelainan terjadi pada remaja. Jadi jika kamu ingin berolahraga, harus berhati-hati dengan tujuannya. Jangan sampai kamu mengalami kelainan gara-gara berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang sempurna.

4. Olahraga bisa merusak keharmonisan keluarga
Di tahun 2010, Wall Street Journal menerbitkan sebuah artikel yang menggambarkan sebuah keluarga kacau karena program olahraga. Pasangan tersebut sering ribut dalam persoalan makan karena ada program menurunkan berat badan. Selain itu latihan olahraga juga bisa mengurangi waktu bersama keluarga.

5. Dapat memicu diabetes
Olahraga secara rutin bisa mempengaruhi pola makan kita. Berdasarkan buku yang berjudul "Holistic Fueling For Ironman Triatheles" menunjukkan bahwa orang yang sering melakukan olahraga sering menghabiskan waktunya di cafeeshop dan toko roti. Selain itu, mereka juga sering mengkonsumsi pasta, lasagna, spageti, dan pizza di malam hari. Karbohidrat yang tinggi dari makanan tersebut bisa memicu penyakit diabetes.

6. Olahraga bisa gagalkan diet
Melakukan latihan olahraga secara khusus bisa membuat diet yang kamu rencanakan tidak berjalan lancar. Metabolisme tubuh berubah seiring dengan olahraga yang kamu lakukan. Jadi percuma saja jika kamu sedang merencakan diet tertentu dengan intensitas olahraga yang tinggi.

7. Daya tahan tubuh melemah
Latihan olahraga yang ketat bisa meningkatkan utilisasi okesigen lebih dari 10 sampai 20 kali saat kamu istirahat. Hal ini bisa meningkatkan produksi radikal bebas yang ada di tubuh kamu. Selain itu, tingginya radikal bebas akibat utlisasi oksigen bisa menyebabkan kerusakan pada otot dan jaringan tubuh.

8. Bisa menyebabkan penunaan dini
Jika kamu tidak ingin cepat keriput lebih baik jangan terlalu sering berolahraga. Produksi radikal bebas yang tinggi akibat olahraga bisa memicu kerutan dalam wajah. Terlebih lagi, olahraga di alam terbuka juga bisa memicu penuaan dini lebih cepat.