Brilio.net - Selfie merupakan fenomena yang begitu sensasional. Tidak heran jika kamus Oxford menjadikan kata selfie menjadi word of the year for 2013. Pengertian selfie berdasarkan kamus tersebut adalah sebuah foto diri yang diambil oleh orang tersebut, biasanya menggunakan smartphone terus diunggah ke media sosial.

Tidak hanya anak muda saja yang pingin eksis melalui selfie, bahkan para pejabat pun juga melakukan hal yang sama. Tapi tahukah kamu siapakah orang yang pertama kali melakukan selfie di jagad raya ini?

Dikutip oleh brilio.net dari ABC, Kamis (14/5), orang yang pertama kali melakukan selfie adalah Robert Cornelius pada tahun 1839. Dia merupakan seorang ahli kimia dan juga fotografer. Dalam melakukan selfie, Robert memasukkan film ke dalam kameranya kemudian melepaskan bagian penutup lensa. Setelah itu, dia duduk selama satu menit dan mengulurkan tangganya ke kamera dan mengganti penutup lensanya. Setelah itu, dia memproses hasil jepretannya menggunakan bahan kimia dan mengeringkannya.

Selfie yang benar-benar mengguncang publik adalah foto yang diambil oleh Ellen DeGeneres dalam acara penghargaan piala Oscars tahun 2014. Dia tidak melakukan selfie sendiri, melainkan banyak artis seperti Angelina Jolie, Bradley Cooper, Brad Pitt, dan artis lainnya.

Selfie yang membuat dunia shock adalah selfie yang dilakukan oleh Barack Obama, Perdana Menteri Inggris dan Denmark yang dilakukan pada saat upacara mengenang Nelson Mandela.

Kata selfie sendiri muncul pada tahun tahun 2002 melalui sebuah forum on line. Pada waktu itu, Nathan Hope tidak sengaja bertanya masalah yang ada di bibirnya setelah kejadian di pesta ulang tahun temannya kepada forum tersebut. Untuk menjelaskan, dia mengunggah fotonya dengan deskripsi: Maaf soal fokus foto ini, ini merupakan selfie. Mulai dari situlah kata selfie mulai mendunia.