Brilio.net - Apa yang kamu rasakan setelah perjalanan panjang? Merasa lelah, otot terasa sakit dan pegal-pegal, ya nggak? Apalagi buat kamu yang sering bepergian setiap hari, masalah ini bakal sering kamu alami pas sampai di rumah.

Duduk selama berjam-jam bisa menyebabkan kejang dan kekakuan otot terutama bagi mereka yang memiliki lemah sendi. Rasa sakit yang dirasakan dari yang ringan, sedang sampai berat. Minum obat 'pembunuh' rasa sakit mungkin bisa menghilangkan rasa sakit selama beberapa jam, tapi rasa sakit dapat mulai lagi setelah obat habis.

Nah, kamu nggak perlu khawatir karena sebenarnya ada beberapa pengobatan rumah yang bisa bisa meredakan rasa sakit, kaku dan peradangan.

Ada beberapa pengobatan rumah yang efektif untuk mengurangi rasa sakit, kekakuan dan kejang otot. Dan, pengobatan ini aman digunakan bahkan kalau kamu mau menggunakan setiap hari. Selain sebagai solusi alami untuk meningkatkan sirkulasi darah, pengobatan berikut juga bisa untuk menenangkan otot dan rasa lelah yang kamu rasakan.

Penasaran apa saja pengobatan yang bisa kamu lakukan di rumah? Simak yuk, 11 pengobatan alami berikut ini seperti dilansir brilio.net dari Boldsky, Selasa (7/7):

Loading...

1. Jus ceri

Capek setelah perjalanan panjang? Obati dengan mudah dari rumah!

Jus ceri berkhasiat untuk meredakan sakit otot setelah perjalanan panjang. Antioksidan yang ditemukan dalam buah ceri yang disebut anthocyanin diyakini bekerja untuk mengurangi peradangan. Cobalah  minum jus ceri untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

2. Makanan kaya magnesium

Capek setelah perjalanan panjang? Obati dengan mudah dari rumah!

Magnesium merupakan nutrisi yang sangat penting dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung magnesium akan membantu mengobati kejang otot dan berbagai jenis penyakit lainnya. Beberapa sumber makanan utama yang mengandung magnesium adalah labu, bayam, cokelat bubuk, kacang hitam, biji wijen, biji bunga matahari, kacang almond dan kacang mete.

3. Pijat dengan minyak atsiri

Minyak atsiri bertindak sebagai anti-inflamasi, analgesik, sehingga pijat dengan minyak esensial ini efektif dalam mengurangi nyeri pada tubuh. Pijat meningkatkan sirkulasi darah ke otot-otot dan memberikan kehangatan serta membantu meringankan ketegangan pada sendi. Minyak atsiri membantu dalam melemaskan otot-otot dan mengurangi rasa sakit. Aroma minyak esensial membantu dalam relaksasi yang mendalam dan sebagai penyembuhan alami tubuh. Minyak seperti pinus, lavender, jahe dan peppermint terbukti sangat berguna dalam mengurangi nyeri otot.

4. Garam epsom

Garam epsom atau magnesium sulfat adalah mineral alami yang mengurangi peradangan pada jaringan otot dan mengurangi rasa saki tubuh. Selain itu juga bisa mengurangi nyeri otot dalam kondisi kronis seperti fibromyalgia. Untuk merasakan manfaatnya, saat mandi, tambahkan 1-2 cangkir garam epsom untuk bak mandi ukuran standar, lalu isi dengan air hangat atau panas. Bersantailah di dalamnya selama 15-30 menit. Mandi juga membantu untuk meringankan nyeri otot dan kram, melemaskan tubuh dan meredakan stres.

5. Terapi dingin

Terapi dingin dikenal sebagai cryotheraphy, termasuk menerapkan es atau dingin ke situs cedera untuk mendapatkan bantuan. Hal ini sering digunakan untuk mengurangi nyeri otot. Menerapkan kompres es atau dingin bisa memperlambat sirkulasi darah bagian yang menyakitkan sehingga mengakibatkan pengurangan rasa sakit dan peradangan. Bentuk terapi dingin yang digunakan bisa berbagai metode seperti kompres es, pijat es, paket gel, kemasan dingin kimia, dan semprotan vapocoolant.

6. Terapi panas

Terapi panas digunakan untuk mengobati nyeri seperti kekakuan otot, keseleo dan kejang otot. Tapi kalau kamu sedang mengalami cedera sebaiknya menghindari terapi ini karena dapat meningkatkan pembengkakan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Panas dapat mengurangi nyeri otot, kejang otot dan melemaskan otot-otot yang tegang. Terapi panas termasuk hot packs, infrared heat, parafin wax dan hydrotherapy. Kamu juga dapat mengunjungi fisioterapis untuk perawatan ini.

7. Mandi air hangat dan dingin

Capek setelah perjalanan panjang? Obati dengan mudah dari rumah!

Alternatif mandi dengan air hangat dan dingin membantu cepat dalam mengurangi rasa sakit, karena bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pembengkakan. Mandi air dingin mematikan bagian menyakitkan dan mengurangi rasa sakit, sedangkan air panas melemaskan otot-otot, mengurangi kejang dan tingkat stres di seluruh tubuh. Menambahkan minyak esensial seperti lavender, eucalyptus dan bergamot ke air dapat memberikan manfaat tambahan.

8. Apple Cider Vinegar (ACV)

ACV adalah obat rumah yang efektif untuk meredakan dan menenangkan nyeri otot. Campur satu atau dua sendok makan dalam segelas air lalu diminum. Kamu juga bisa menggosok obat ini langsung pada area yang sakit atau kram. Ini akan memberikan bantuan untuk meredakan nyeri otot.

9. Cabe rawit

Capek setelah perjalanan panjang? Obati dengan mudah dari rumah!

Kamu bisa membuat pasta sendiri dari cabai rawit dengan mencampur 1/4 sampai 1/2 sendok teh cabai rawit dengan satu cangkir zaitun atau minyak kelapa. Gunakan untuk menggosok ke daerah yang nyeri dan jangan lupa untuk mencuci tangan setelahnya. Jauhkan juga dari jangkauan mata, hidung dan mulut karena akan menyebabkan iritasi. Kandungan capsaicin pada cabai selain memberikan rasa pedas yang kuat, juga memiliki sifat anti-bakteri, anti-karsinogenik, memiliki sifat analgesik dan anti-diabetes.

10. Herbal massage

Herbal jenis tertentu memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan. Sedangkan, obat gosok herbal (semi padat ekstrak herbal diterapkan pada lotion, gel atau balm) memiliki kemampuan untuk menembus kulit dan jaringan sehingga bisa membantu dalam penyembuhan. Herbal seperti Arnica selalu digunakan saat keseleo dan nyeri otot. Lavender dan Rose Mary terkenal untuk efek aromaterapi dan meredakan nyeri otot.

11. Akupresur

Terapi akupresur adalah sebuah sistem metode yang menitik beratkan pada penekanan di titik-titik saraf tubuh. Penekanan pada titik–titik saraf tubuh itu adalah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, dengan melakukan akupresur dapat memicu pelepasan endorfin yang membunuh rasa sakit alami sehingga bisa meredakan sakit otot. Hal ini juga membantu dalam relaksasi dan penyembuhan otot. Relaksasi otot dan meningkatkan endorfin adalah cara cepat dan alami untuk meredakan nyeri otot.

BACA JUGA:

Cara mudah dan alami memutihkan lutut hitam, silakan dicoba!

Zaman dulu adu kecantikan wanita diuji saat mengendarai vespa

9 Manfaat baking soda untuk kecantikan

Sabun kecantikan ini terbuat dari lumpur kawah Dieng, mau coba?

VIDEO: Kecantikan bukan dari fisik saja

Tak bisa melihat sejak lahir, wanita ini maknai kecantikannya, bikin haru!

PERLU KAMU BACA:

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Tinggalkan fashion show, Nitta yang berhijab kini jadi guru honorer

Sering dandan bisa bikin cewek lebih cepat alami penuaan dini, duh!

Cara berpakaian ternyata bisa menentukan kecerdasan kamu, percaya?

Ladies, ini cara mencuci pakaian dalam yang benar

5 Kesalahan dalam berdandan yang sering dilakukan wanita