×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Begini cara terbaik mencuci biar pakaian tetap awet

View Image

0

BRILIO » Life

Begini cara terbaik mencuci biar pakaian tetap awet

Mencuci pakai tangan bisa jadi pilihan aman biar pakaian kamu tetap awet.

07 / 05 / 2015

Brilio.net - Merawat pakaian memang perlu perhatian tersendiri karena setiap jenis pakaian punya cara perawatan yang berbeda, tapi bukan berarti sulit dilakukan lho. Cara mencuci pakaian juga termasuk salah satu yang perlu mendapatkan kecermatan. Pasalnya nggak semuanya mengerti cara mencuci pakaian yang benar supaya nggak cepat rusak atau warnanya memudar.

Bahkan nggak sedikit yang mempercayakan pakaiannya untuk dicuci di laundry, pokoknya terima kering dan bersih deh. Padahal mencuci pakai tangan bisa jadi pilihan aman biar pakaian kamu tetap awet. Nah, supaya kamu pakaianmu bisa tetap awet, simak yuk cara mudah untuk mencuci pakaian seperti dilansir brilio.net dari Dailymail, Kamis (7/5).

1. Denim

Begini cara terbaik mencuci biar pakaian tetap awet

Untuk membuat denim favoritmu bertahan lebih lama dan nggak mengubah bentuknya, cucilah jeans sesekali saja. Sebaiknya cuci setelah 2 kali pakai, kecuali jika terkena noda atau kotoran. Sebelum merendam atau mencuci, pisahkan denim dari baju dengan jenis bahan lain, seperti katun atau chiffon.

Loading...

Mencuci dengan tangan adalah pilihan terbaik apalagi kalau menggunakan air dingin. Tapi kalau kamu nggak punya banyak waktu dan mesin cuci adalah satu-satunya pilihan, pastikan setelan putaran mesin cuci jangan terlalu kencang karena bisa merusak alur/rajut jeans. Last, jangan menjemur denim di bawah sinar matahari langsung.

2. Kashmir

Begini cara terbaik mencuci biar pakaian tetap awet

Baju atau kain yang terbuat dari kashmir punya tekstur yang sangat lembut. Helaian kainnya dibuat dari benang wol yang berasal dari domba cashmere. Karena kelembutannya, kain atau baju berbahan kashmir butuh penanganan dan cara pencucian yang berbeda dari bahan lainnya. Biasanya, kain kashmir harus dicuci dengan cara dry cleaning. Tapi kamu juga bisa kok mencuci sendiri dengan tangan supaya bisa lebih tahan lama dan jangan pernah memakai mesin cuci ya.

Gunakan air hangat untuk membantu menghilangkan noda dengan mudah dan tambahkan deterjen yang lembut dan rendah alkali. Nah, kalau kamu ingin mencuci lebih dari satu item kashmir, biasakan untuk memilahnya berdasarkan warna dan mulailah dari kashmir yang berwarna terang. Sama seperti pakaian lain, kashmir juga harus diperas untuk menghilangkan kelebihan air tapi jangan memeras terlalu keras karena bisa merusak tekstur pakaian.

3. Baju renang

Mau kamu berada di kolam renang atau di laut, semua pakaian renang harus dibilas dengan air dingin langsung setelah kamu selesai berenang. Hal ini untuk menyingkirkan kaporit mengendap terlalu lama dalam serat baju. Cuci baju renang menggunakan air dingin dan tambahkan satu sendok makan deterjen cair ke dalam ember. Kenapa harus pakai air dingin? Karena air panas dapat merusak bahan baju renang.

Pastikan kamu selalu mencuci baju renang menggunakan tangan dan pisahkan dari cucian lainnya supaya bau kaporit nggak menempel pada baju yang lain. Setelah dibilas, peras baju renang dan usap menggunakan handuk kering. Jangan jemur di bawah sinar matahari langsung agar bahan nggak cepar rusak.

4. Bra

Begini cara terbaik mencuci biar pakaian tetap awet

Mencuci tangan adalah lebih baik untuk pakaian halus dengan bahan tipis seperti bra. Cara terbaiknya adalah dengan merendam bra semalaman, kemudian saat pagi hari dibersihkan atau dikucek secara perlahan menggunakan tangan. Pada bagian cup, sebaiknya nggak dikucek terlalu keras karena bisa membuat busanya patah. Sangat penting untuk membilas masing-masing bra dengan air bersih hingga bersih. Karena residu deterjen dapat melemahkan serat kain yang halus.

Untuk mengeluarkan kelebihan air, kamu bisa menekan bra dengan handuk. Dalam menjemur pun ada aturannya. Hindari menjemur bra langsung terkena sinar matahari. Selain itu menggantung bra juga nggak boleh sembarangan. Jangan menggantung bra di bagian strapnya tapi gantunglah di bagian tengahnya, di antara kedua cup.

5. Sutera

Cucilah kain sutera dengan cara manual yaitu menggunakan tangan dan air dingin atau hangat agar tidak mendistorsi bentuk. Hindari penggunaan mesin karena mesin cuci berisiko merusak serat kain dan membuatnya kusut. Rendam kain sutera selama sekitar lima menit dan gosk noda kecil keluar dengan lembut. Gunakan deterjen dengan formula lembut misalnya shampo bayi. Kandungan dalam deterjen cukup keras sehingga berbahaya bagi keindahan serat kain sutera yang tipis.

Selain memperhatikan pemilihan detergen, ada beberapa produk yang sebaiknya nggak kamu gunakan selama proses pencucian bahan sutera. Salah satunya ialah bahan pemutih, karena dapat mengubah warna pakaian atau bahan. Pastikan nggak ada bagian yang terlipat saat merendam dalam air sabun, kucek perlahan bagian yang kotor, usap-usapkan buih secara merata ke seluruh bagian pakaian.

6. Kulit

Bahan yang berasal dari kulit hewan terlihat lebih kuat. Namun ternyata pakaian dari kulit, seperti jaket, perlu dicuci secara berkala agar tetap terjaga kesegarannya dan disarankan untuk menyeka denga kain bersih yang basah. Pakaian berbahan kulit juga nggak boleh dicuci menggunakan air sabun dan deterjen.

Mencuci pakaian berbahan kulit lainnya seperti celana atau rompi sebaiknya memang lebih baik ke binatu, pilihlah binatu yang bisa membersihkan produk kulit. Karena kalau dicuci dengan tangan akan berkerut dan akan menciut bila masuk mesin cuci. Tapi kamu juga bisa kok mencuci sendiri celana kulitmu dengan merendamnya terlebih dahulu dalam air hangat sampai air rendaman terlihat keruh.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    50%

  • Ngakak!

    50%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more