Brilio.net - Jabat tangan ternyata bukan hal sepele. Banyak aturan yang harus kamu lakukan jika kamu melakukan hal ini. Terlebih lagi, jika kamu berada di negara orang. Kamu harus menyesuaikan budaya negara setampat. Berikut adalah peraturan soal jabat tangan di berbagai negara dikutip oleh brilio.net dari ragan.com, Kamis (2/4).

1. Amerika
Jika kamu berjabat tengan dengan orang yang baru pertama kali ditemui kamu harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Setelah menyebutkan nama, baru kamu menjabat tangan orang tersebut.

2. Australia
Di Negeri Kanguru ini, sesama wanita tidak melakukan jabat tangan. Jika kamu adalah seroang wanita dan ingin berjabat tangan dengan pria ada caranya tersendiri. Pertama kamu harus mengulurkan tangan terlebih dahulu, baru kemudian sang pria yang akan menyambut jabat tanganmu.

3. Maroko
Di negara ini jabat tangan hanya dilakukan dengan sesama jenis. laki-laki dengan laki-laki, sedangkan perempuan juga dengan perempuan. Jadi jangan sembarangan berjabat tangan di negara ini.

4. Rusia
Sama seperti di Maroko, jabat tangan hanya dilakukan dengan sesama jenis. Aturan ini bisa dilanggar apabila memang untuk urusan bisnis. Jika melakukan jabat tangan dengan lawan jenis, sang pria wajib mencium tangan pihak wanita.

5. Meksiko
Untuk berjabat tangan di negara ini bisa berlama-lama, tidak hanya singkat. Bahkan kamu bisa memeluk lawan jabat tangan, jika kamu laki-laki.

6. Korea Selatan
Untuk berjabat tangan di negara ini, biasanya yang tua dahulu yang mengulurkan tanggannya. Kemudian yang lebih muda menjabatnya dengan tidak terlalu erat.

7. Turki
Jangan terlalu erat dalam berjabat tangan di negara ini. Selain itu kamu juga harus memegang tangan lawan jabat tangganmu.

8. Swiss
Untuk berjabat tangan di Swiss kamu harus menyebutkan titelnya, seperti 'bapak' atau 'ibu'. Dan harus diikuti dengan nama belakang yang kamu ajak berjabat tangan.

9. Perancis
Jabat tangan di Perancis dilakukan secara cepat. Jadi jangan terlalu erat karena waktunya hanya beberapa detik.

10. Thailand
Jabat tangan di negara Gajah Putih ini jarang dilakukan. Mereka mempunyai ciri khas tersendiri. Seperti, meletakkan kedua tangannya di dada dan agak sedikit membungkuk sebagai pengganti jabat tangan.

11. Inggris
Jangan terlalu erat untuk berjabat tangan di negara ini. Setelah berjabat tangan, kamu harus menjaga jarak yang agak jauh dengan lawan jabat tanganmu.

12. China
Jabat tangan dilakukan tanpa tatapan mata dan dengan membungkuk. Di China, yang lebih muda harus berjabat tangan terlebih dahulu.

13. Brasil
Jabat tangan di Brasil dilakukan dua kali, saat kamu bertemu dan berpisah dengan orang tersebut. Kamu harus menjabat tangan dengan erat di negara ini dan dengan tatapan mata.