Brilio.net - Rokok itu berbahaya, nggak cuma buat si perokok tapi juga buat orang yang ada di sekitarnya. Selain masalah pada paru-paru, ternyata asap rokok yang dihembuskan perokok, bisa merusak pendengaranmu, lho.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari New York University School of Medicine, seperti dikutip brilio.net dari Science Daily, Rabu (27/5), asap rokok yang dihirup ternyata mengakibatkan gangguan pada koklea telinga. Gangguan ini bahkan sama seperti gangguan pendengaran bawaan yang dibawa seorang anak sejak dia lahir. Koklea sendiri merupakan bagian organ dalam pada telinga yang berfungsi sebagai pengirim pesan kepada saraf pendengaran dan ke otak.

Menurut Dr Michael Weitzman seperti yang termuat dalam jurnal Archives of Otolarygonology, walaupun diujicobakan pada remaja, namun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa asap rokok ternyata memiliki implikasi bahaya terhadap kesehatan masyarakat keseluruhan. Orang yang walaupun tidak merokok, jika menghirup asap rokok tetap akan mengalami dampak buruknya.

Penelitian ini sendiri melibatkan responden sebanyak 1.500 remaja dengan rentang usia dari 12-19 tahun. Nah kalau kayak gini merokok semakin banyak buruknya kan?