Brilio.net - Sandal gladiator seringkali jadi pilihan wanita karena modelnya yang unik dan trendi. Apalagi sandal model ini pas dan nyaman banget buat dipakai jalan-jalan santai. Apalagi kalau kamu punya kulit putih nan mulus, bisa banget deh dipamerin kalau kamu memilih sandal gladiator.

Nah, tapi ternyata, menurut pakar kesehatan sandal tersebut kalau terlalu sering kamu pakai memiliki dampak buruk bagi kesehatan kaki. Buktinya, coba deh lihat kaki Kim Kardashian setelah mengenakan alas sandal model gladiator.

"Sandal model gladiator yang super ketat bisa menekan dinding pembuluh darah sehingga dapat memperlambat aliran darah kembali ke jantung dan menyebabkan kaki jadi membengkak," kata Luis Navarro, M.D., ahli bedah dan direktur medis dari The Vein Treatment Center di New York City.

Biasanya, sandal gladiator dibuat dari sol kulit yang bentuknya datar. Sehingga tidak mampu menahan goncangan pada kaki terutama kaki bagian bawah. Nah, kalau kamu memakainya terlalu sering, bahan dari kulit sol juga dapat meningkatkan risiko tumit sakit yang disebut plantar fasciitis.

Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Rabu (1/7), gangguan tersebut nantinya bisa memicu rasa nyeri yang biasanya muncul saat kamu bangun tidur di pagi hari. Rasa sakit akan muncul ketika kamu pertama kali meletakkan kaki di lantai atau ketika berdiri terlalu lama.

Loading...

Mengenakannya terlalu sering juga bisa membuat otot tendon yang berada di belakang tumit meregang, termasuk otot-otot betis. Pemakaian sandal jenis ini juga bisa memicu rasa nyeri. Bahkan setelah dua minggu pemakaian.

Tak hanya sandal gladiator sol datar, hampir semua sepatu bertali termasuk espadrilles, gladiator setinggi pergelangan kaki, gladiator setinggi lutut bisa menyebabkan lecet atau meninggalkan tanda di kaki sesuai model sandal gladiator yang kamu pakai.

Masalah sebenarnya adalah sandal gladiator dapat meninggalkan tanda permanen meskipun tak berbahaya. Navarro juga memperingatkan, sandal ini dapat memicu atau memperburuk spider veins, yaitu pembuluh darah kecil berwarna biru yang membengkak dan jadi terlihat melalui kulit. Sepatu bertali yang ketat bahkan lebih mungkin untuk meninggalkan tanda ini.

Ya, meskipun tak selamanya memakai sandal gladiator berpengaruh pada kesehatan dan keindahan kaki, setidaknya kamu bisa mengambil sisi positif dari tali-tali di sandal gladiator yang bisa menahan kaki supaya nggak bergeser sehingga kamu tak mudah terpeleset.

Tapi tetap diingat, menggunakan sandal gladiator setiap hari bukanlah ide yang baik. Sebaiknya gunakan sandal model ini untuk acara-acara tertentu saja ya. Kesehatanmu lho!

PERLU KAMU BACA:

Gadis ini rela tinggalkan dunia fashion show demi pertahankan hijab

Perempuan ini tetap pede berhijab di kompetisi masak Amerika, salut!

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Tinggalkan fashion show, Nitta yang berhijab kini jadi guru honorer

Sering dandan bisa bikin cewek lebih cepat alami penuaan dini, duh!

Cara berpakaian ternyata bisa menentukan kecerdasan kamu, percaya?

Ladies, ini cara mencuci pakaian dalam yang benar

5 Kesalahan dalam berdandan yang sering dilakukan wanita