Brilio.net - Jas merupakan pakaian resmi dalam berbagai acara kenegaraan. Cara memakai jas juga menunjukkan citra seseorang, terlebih lagi sebagai presiden. Meskipun sering mengenakan kemeja batik dan atasan putih, tetapi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tetap mengenakan jas untuk acara resmi kenegaraan baik dalam negeri dan luar negeri.

Tapi yang menjadi sorotan adalah apakah Jowoki tahu betul pemasangan kancing jas yang dia kenakan?

Berikut adalah foto-foto Jokowi saat mengenakan jas dalam berbagai acara dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.  

1. Pelantikan Kapolri Badrodin Haiti (17/4)

Ada apa dengan kancing jas Presiden Jokowi?
Dalam gambar tersebut Jokowi sedang memberikan ucapan selamat kepada kapolri yang baru saja terpilih. Dalam etika memakai jas, kancing bagian paling bawah seharusnya dibiarkan terlepas saja. Dalam situasi tersebut, Jokowi kurang menaati etika berbusana. Terlihat bahwa dia mengaitkan semua kancing bajunya.

2. Presiden mengunjungi sebuah pabrik di Nagoya, Jepang  (25/3)

Ada apa dengan kancing jas Presiden Jokowi?

Jokowi melakukan kesalahan saat berkunjung ke Jepang bulan lalu. Seharusnya, di saat situasi tersebut, tidak semua kancing dilepas. Harusnya kancing bagian atas harus tetap dimasukkan dalam tempatnya.

3. Jowoki berkunjung ke Beijing (27/3)

Ada apa dengan kancing jas Presiden Jokowi?
Pada pertemuan dengan pemerintah China, Jokowi memperlihatkan etika memakai jas dengan tepat. Inilah cara benar memperlakukan kancing saat duduk. Jadi, ketika posisinya sedang duduk, semua kancing jas memang harus dilepas.

4. Presiden Jokowi saat rapat konsultasi dengan DPR (6/4)

Ada apa dengan kancing jas Presiden Jokowi?
Etika cara memakai kancing jas luput dari perhatiannya saat acara rapat konsultasi dengan wakil rakyat. Dalam gambar tersebut, semua kancing dipasang, padahal hal ini sangat keliru. Kesalahan ini sama seperti ketika dia melantik Kapolri Bardrodin Haiti.

5. Saat menghadiri World Economic Forum – East Asia di Jakarta (20/4)

Ada apa dengan kancing jas Presiden Jokowi?
Pada acara internasional ini, Jokowi menunjukkan etika memakai kancing jas dengan benar. Dalam gambar tersebut Jokowi melepaskan semua kancing jasnya ketika duduk. Ini merupakan etika yang benar.

6. Jokowi saat mengunjungi Imperial Palace, Tokyo (23/3)

Ada apa dengan kancing jas Presiden Jokowi?
Entah kenapa saat kunjungan ke Jepang ini, Jokowi tidak mengindahkan etika mengancing jasnya. Padahal dalam kunjungan ke China dan World Economic Forum, dia menunjukkan cara mengancing jas dengan benar. Dalam kunjungannya ke Imperial Palace ini, seharusnya Jokowi melepaskan semua kancing jasnya saat duduk.

7. Indonesia – Jepang Bussines Forum (Maret 2015)

Ada apa dengan kancing jas Presiden Jokowi?
Dalam kunjungan ke Jepang dalam acara ini, Jokowi meemperlihatkan kesalahannya lagi. Dia hanya melepaskan kancing jasnya bagian bawah. Padahal, dalam posisi duduk seperti ini, seharunya semua kancing jasnya dilepas.

Dalam etika memakai jas, kancing jas menjadi poin utama dalam pemakaian. Jika kamu mengenakan jas dengan dua atau tiga kancing, seharusnya kancing jas bagian paling bawah dibiarkan terlepas saja. Akan tetapi jika kamu dalam posisi duduk, semua kancing jas harus biarkan terlepas.

Sejarah etika seperti ini diawali di awal 1900-an pada masa King Edward VII. Karena badannya yang gemuk, King Edward tidak mengancing kancing jasnya bagian paling bawah. Untuk menghormati rajanya, makanya para tamu dan orang-orang menghormatinya dengan cara yang sama.

BACA HOT NEWS:

Mau sukses diet? Kamu harus coba minum kopi dicampur mentega!

Bukan burung, tapi sepeda motor tersangkut di kabel Sutet!

Tiap angka punya rahasia, ini penjelasan rincinya

Catatan bunuh diri seorang dokter di Facebook membuat gempar