Brilio.net - Sebagian besar dari kita cenderung berpikir bahwa hanya kebiasaan seperti merokok dan minum kopi bisa merusak gigi. Padahal, ada beberapa kebiasaan sehari-hari lainnya yang secara nggak langsung bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Salah satu contoh simpelnya adalah membuka tutup soda dengan gigi kamu. Pernah nggak kamu melakukan itu? Hal itu dapat menimbulkan efek traumatis pada gigi lho. Alhasil, gigi jadi lemah dan keropos.

Nah, nggak mau kan gigi kamu jadi makin rusak apalagi keropos? Sekarang ayo kita bahas tentang beberapa kebiasaan lain yang bisa merusak gigi kamu, seperti dilansir brilio.net dari Boldsky:

1. Makanan manis

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!

Ketika kamu mengonsumsi makanan manis, gula biasanya akan terus menempel pada gigi. Jika bercampur dengan plak, gula akan menghasilkan asam yang memicu lubang.

Sebagai contoh dari makanan yang terlalu manis adalah permen. Kerusakan gigi juga mungkin diakibatkan oleh konsumsi berlebihan makanan manis. Jadi setelah makan makanan manis tersebut, jangan lupa minum segelas air untuk membilas gula atau segera gosok gigi sampai bersih.

2. Mengunyah es batu

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!


Kebiasaan mengunyah es bisa menyebabkan gigi patah dan trauma pada gigi. Kamu mungkin bisa tiba-tiba mengalami sakit atau sakit gigi. Jadi, berhentilah melakukan kebiasaan ini dan biarkan es mencair sendiri dalam mulut.

3. Minum jus

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!

Jus bisa menjadi ancaman bagi gigi karena adanya kandungan gula di dalamnya. Tapi kalau kamu ingin tetap mengonsumsi jus, sebaiknya hindari tambahan gula.

4. Menggertakkan gigi

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!

Beberapa orang memiliki kebiasaan menggertakkan gigi. Hal ini sering terjadi pada malam hari saat kamu tertidur, terutama pada alam bawah sadar. Kebiasaan yang dikenal sebagai bruxism ini dapat menyebabkan sakit pada sendi rahang, sakit kepala dan sakit gigi parah. Biasanya respons itu muncul karena adanya stres emosional.

5. Minuman berkarbonasi

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!

Minuman berkarbonasi seperti soda menjadi sumber utama kerusakan gigi saat ini. Itu disebabkan kandungan gula dan asam yang menyebabkan enamel mengikis dan pembentukan gigi berlubang.

6. Ngemil

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!

Kalau kamu suka ngemil, sisa-sisa makanan di mulut dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan gigi. Meski ngemil itu menyenangkan tapi secara bertahap bisa merusak gigi kamu. Apalagi camilan kamu itu keripik, bakteri di mulut cenderung berekasi dengan makanan bertepung sehingga menghasilkan asam yang bisa merusak gigi. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk berkumur setelah makan keripik.

7. Merokok

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!

Merokok dapat menyebabkan perubahan pada warna gigi, gusi, tambalan gigi dan gigi tiruan. Merokok juga dapat menyebabkan bau mulut dan kebiasaan terburuk yang dapat terjadi pada kesehatan gigi dan kesehatanmu secara keseluruhan.

8. Minum kopi

9 Kebiasaan buruk ini bisa merusak gigi kamu, ayo dihindari!

Kandungan asam dalam kopi bisa mengubah gigi jadi berwarna kuning. Lebih dari satu cangkir kopi per hari memiliki efek samping pada kesehatanmu. Jadi, bijaklah saat harus meminum kopi setiap harinya.

9. Menggigit kuku
Selain merusak kecantikan kuku, kebiasaan ini juga berbahaya untuk gigi. Menggigit kuku menyebabkan gigi rusak atau patah gigi depan. Selain itu, kuman dan bakteri dari bawah kuku bisa masuk mulut dan menyebabkan gigi berlubang atau infeksi gusi.

BACA JUGA TIPS BUAT KESEHATAN KAMU LAINNYA:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!

Rajin olahraga nggak cuma menyehatkan, tapi bisa bikin kamu jenius!

PERLU KAMU BACA:

Gadis ini rela tinggalkan dunia fashion show demi pertahankan hijab

Perempuan ini tetap pede berhijab di kompetisi masak Amerika, salut!

Ladies perlu tahu, perbedaan hijab, niqab, burka juga khimar

Tinggalkan fashion show, Nitta yang berhijab kini jadi guru honorer

Sering dandan bisa bikin cewek lebih cepat alami penuaan dini, duh!

Cara berpakaian ternyata bisa menentukan kecerdasan kamu, percaya?

Ladies, ini cara mencuci pakaian dalam yang benar

5 Kesalahan dalam berdandan yang sering dilakukan wanita