Brilio.net - Sama halnya dengan garam yang punya banyak manfaat, baking soda juga berguna untuk kebutuhan di rumah kamu lho. Apa saja contohnya?

Dilansir brilio.net dari laman huffingtonpost.com, Sabtu (9/5), berikut fungsi baking soda yang bisa kamu terapkan tiap hari:

1. Menghilangkan bau sepatu

Daripada kamu sebal bukan main dengan sepatumu yang bau, lebih baik kamu ambil baking soda. Taburkan di dalam sepatu lalu kocoklah sebelum kamu pergunakan kembali.

2. Mengurangi bau spons

Loading...

Ketika spons cuci piringmu bau, kamu bisa merendamnya ke dalam air yang sudah bercampur dengan baking soda.

3. Membersihkan bekas kotor di bagian bawah oven

Untuk membersihkan kotoran pada bagian bawah oven, kamu bisa menaburkan baking soda kemudian semprot dengan air. Setelah beberapa jam, bersihkan campuran baking soda dan semprotan air tadi dengan menggunakan handuk. Lantas, bilaslah dengan cuka untuk menghilangkan sisa-sisa baking soda yang masih menempel di sana.

4. Mencerahkan cucian

Baking soda dapat membuat pakaianmu cemerlang, baik untuk warna putih maupun gelap. Kamu hanya perlu menambahkan secangkir baking soda bersama deterjen untuk mencuci. Pakaianmu akan semakin bersih dan segar.

5. Membersihkan noda perhiasan

Persiapkan mangkuk yang dilapisi kertas aluminium foil. Tambahkan air panas ke dalam mangkuk tersebut. Lantas, rendamlah perhiasan (pastikan bukan berasal dari batu permata atau mutiara) bersama dengan satu sendok makan baking soda. Aduklah secara bersamaan. Selepas itu, angkatlah dari mangkuk dan keringkan dengan kain sehingga penampilannya kembali berkilau.

6. Menghilangkan debu pintu kamar mandi

Kamu hanya perlu sedikit baking soda untuk ditaburkan di atas spons basah. Remaslah kemudian gunakan untuk menggosok pintu kamar mandi. Hasilnya, pintu kamar mandimu akan kembali berkilau.

7. Menyegarkan karpet yang bau

Kamu hanya perlu menaburkan baking soda di atas karpet. Biarkan selama semalam kemudian bersihkan pada pagi hari.

8. Membersihkan alat pemanggang

Pertama, kamu sikat terlebih dahulu alat pemanggang setelah digunakan. Kedua, taburkan baking soda dan sikatlah kembali. Maka sisa-sisa pembakaran bisa lenyap dan alat pemanggang bisa kembali kinclong.

9. Menguras lubang saluran air

Kamu bisa menuangkan setengah cair baking soda disusul secangkir anggur asam. Setelah itu, kamu bisa mengguyurnya dengan air panas mendidih.